• Assalamualaikum dok saya ian umur 20 tahun saya ingin bertanya lagi dok, seputar patah tulang, dok seminggu yang lalu kaki saya bagian tulang kering patah, dan yang patah tulang besar dan tulang kecilnya, saya sudah dironsen kata dokter saya haru pakai pen.

    Tapi karena saya orang yang tidak mampu BPJS pun saya tidak punya akhirnya saya pergi ke tradisional ahli patah tulang dalam seminggu saya di urut 3 x kata tukang urut nya tulang saya sudah menyatu tinggal pemulihan dan asal saya tidak bergerak habis itu saya tidak mampu lagi untuk membayar tradisional.

    saya memilih pulang dan didiamkan saja kakinya dirumah, apakah dengan cara saya berdiam dirumah tulang saya bisa sembuh lagi dok?

    atau saya bisa berjalan lagi dok?    terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang patah tulang. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Patah tulang tidak selalu harus ditangani dengan tindakan operasi namun bisa juga dengan tindakan non operatif seperti pemasangan gips.

    Namun hal ini ditentukan oleh beberapa hal mulai dari lokasi patahan/ tulang yang mengalami patah, jenis patahan, gangguan pembuluh darah dan persarafan yang terjadi di sekitarnya dan lain sebagainya.

    Mohon maaf saya sendiri tidak menyarankan anda untuk mengobati patah tulang anda dengan cara alternatif karena seringkali bukannya sembuh sempurna, namun malah menyebabkan kecacatan pada penderitanya misalnya kaki yang memendek dan lain sebagainya.

    Tulang yang dibiarkan tanpa mendapat penanganan yang tepat dari dokter memang bisa menyambung kembali. Namun masalahnya apakah tulang menyambung dengan sempurna atau tidak.

    Jika tulang menyambung namun dalam posisi tulang yang masih membengkok akibat patahan maka akan terjadi pemendekan pada alat gerak anda. Hal ini bisa menimbulkan kecacatan seperti pincang.

    Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda berkonsultasi langsung dengan dokter bedah tulang untuk mendapat penanganan yang terbaik.

    Jika anda bermasalah dengan biaya maka segeralah urus asuransi kesehatan agar anda dapat berobat secara gratis. Hubungi pengurus RT/RW anda untuk menanyakan persyaratan mengurus asuransi bagi warga yang tak mampu.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Patah Tulang Bisa Sembuh Tanpa Operasi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.