• Mau tanya dok! Tante saya kena penyakit gula sejak maret 2016. Sekarang menjalani rawat inap dirumah. 2 jari pada kaki kanannya telah diamputasi. Sekarang kadar gulanya sudah normal dan lukanya sudah sembuh. Tapi masalahnya adalah tante saya tidak bisa berdiri karena semua persendiannya sakit. Kalau mau mandi terpaksa harus menyeret pinggulnya kelantai. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Diabetes melitus atau kencing manis menjadi salah satu penyakit yang banyak terjadi. Penyebabnya bukan hanya karena keturunan namun lebih didasarkan pada pola hidup yang tidak baik misalnya makan makanan tinggi karbohidrat, lemak dan lainnya setiap hari tanpa disertai dengan olahraga yang teratur. Gejala yang muncul beraneka ragam, pada tahap awal malah tak disadari oleh penderitanya.

    Jika kadar gula darah sangat tinggi maka akan menyebabkan gangguan pada pembuluh darah dan persarafan, yang paling sering mengalami gangguan adalah kaki. Kaki menjadi luka borok dan tak bisa diobati selain dengan tindakan amputasi. Selama kadar gula darah terjaga maka sebenarnya hal – hal seperti ini bisa dihindari. Kelumpuhan pada penderita diabetes terjadi karena suplai darah terhambat sehingga menyebabkan stroke yang salah satu gejalanya adalah kelumpuhan.

    Pada kasus tante anda yang merasa nyeri sebenarnya bukan karena stroke, namun bisa karena peradangan sendi atau sebab lainnya. Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang dialami. Pada intinya dengan  diagnosis yang cepat dan tepat serta penanganan yang baik maka semua keadaan bisa teratasi serta meminimalisir perburukan keadaan.

    Silakan baca artikel berikut:

    4 Gejala Awal Diabetes Tipe 2 yang Harus Anda Kenali

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Penderita Penyakit Gula Bisa Lumpuh Seumur Hidup?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.