• Dokter saya mau tanya, setiap pagi saya pasti mengeluarkan lendir dan bersin-bersin. Kemudian kalau sudah sore pasti demam terus dok. Apakah itu termasuk polip?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan bersin dan keluar lendir (ingus) memang salah satu keluhan yang pasti pernah dialami oleh hampir tiap orang. Penyebabnya beraneka ragam. Jika keluhan ini hanya terjadi pada pagi hari kemungkinan karena alergi terhadap udara yang dingin. Namun tidak menutup kemungkinan juga disebabkan oleh hal lainnya seperti infeksi di saluran napas. Penyebab infeksi kebanyakan karena virus meskipun bisa terjadi karena mikroorganisme lainnya seperti bakteri. Keluhan ini sering berulang jika daya tahan tubuh pasien yang kurang baik. Selain itu pada pasien dengan daya tahan tubuh yang rendah, penyakit ini lebih lama hilangnya.

    Polip hidung sendiri memang menyebabkan keluhan keluarnya lendir dari hidung. Namun biasanya tidak disertai keluhan bersin dan demam. Keluhan yang menyertai keluarnya lendir adalah hidung yang tersumbat biasanya di salah satu lubang hidung dimana polip tumbuh, selain itu bisa juga muncul keluhan bau yang tak sedap dari dalam hidung akibat lendir yang menumpuk.

    Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Polip Hidung – Penyebab, Gejala, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Sering Bersin dan Demam Gejala Polip?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.