• Assalamu’alaikum dokter.

    Saya Kiki, ingin bertanya apakah  saraf  pada pipi dan bibir, mata dan air liur yang putus bisa tersambung kembali? Butuh waktu berapa lama untuk proses penyembuhannya? Dan apakah ada cara lain agar saraf tersebut dapat tersambung kembali tanpa melalui operasi? karena bapak saya terkena parang pada pipinya sampai belakang telinga sehingga harus dilakukan operasi untuk menghentikan pendarahan dan menjahit semua lukanya. Total jahitan sekitar kurang lebih 40 jahitan,  namun kata dokter yang menangani ada beberapa saraf yang putus namun tidak disambung karena pendarahan hebat sehingga hanya melakukan operasi untuk keselamatan nyawa bapak saya. Alhamdulillah dengan pertolongan Allah swt dan dokter, bapak saya selamat walaupun harus melewati masa kritis beberapa hari.

    Tapi sekarang keadaan bapak saya masih agak terganggu. Mata sebelah kirinya tidak bisa berkedip, bibirnya miring sebelah kanan dan  tidak bisa seperti semula, produksi air liur sedikit sehingga bapak saya hanya sedikit keluar air liurnya di karena kan semua saraf pada mata, air liur dan saraf pada pipi atau bibir tidak dapat berfungsi dengan baik. Bagaimana cara menyembuhkan  bapak saya agar kembali normal?

    Terima kasih

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Saraf merupakan salah satu bagian yang berperan penting bagi tubuh yang memiliki fungsi sensorik (kemampuan untuk merasakan sesuatu) dan motorik (kemampuan untuk menggerakkan bagian tubuh). Sistem saraf perifer seperti saraf yang terletak di wajah, lengan maupun tungkai memiliki kemampuan regenerasi yang lebih baik daripada saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang). Saraf-saraf perifer ini bila terluka atau putus, maka jika dilakukan tindakan penyambungan yang tepat dan suasana penyembuhan yang kondusif maka pemulihan dapat terjadi. Namun hal ini juga dipengaruhi oleh seberapa parah kerusakan saraf yang terjadi, berapa lama jarak antara luka dan tindakan pengobatannya, ada tidaknya infeksi dan lain sebagainya.

    Waktu penyambungan saraf juga berbeda – beda tergantung lokasi saraf yang terkena, tingkat keparahannya dan lain sebagainya. Mohon maaf dalam forum ini kami tidak bisa menjelaskan secara detail karena memang harus dilakukan pemeriksaan secara langsung terlebih dahulu untuk menilai kondisi kesehatan ayah anda. Oleh karena itu alangkah baiknya jika kondisi ayah anda dikonsultasikan langsung dengan dokter yang menangani ayah anda termasuk juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis ilmu kedokteran fisik dan rehabilitasi (Sp.KFR) untuk menentukan terapi dan latihan yang tepat guna memulihkan kondisi kesehatan ayah anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Hemiparesis : Gejala, Penyebab, Pengobatan


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Menyembuhkan Saraf yang Putus?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.