• Nurul putri

    Saya nurul, mau bertanya tentang keluhan kandungan saya.

    Sudah 2 bulan ini saya telat haid,  dan di akhir tahun kemarin tepatnya tanggal 25 desember 2017 saya mengalami flek coklat, awalnya sedikit , tapi kelamaan semakin banyak.

    Akhirnya saya cek ke dokter di tanggal 12 januari 2018. Dokter tidak memberitahu saya secara lengkap apa yang terjadi dengan saya,  dokter hanya bicara semoga bayi nya sehat, rahim aku juga bagus tidak ada masalah-masalah lalu aku diberi obat vitamin untuk otak bayi.

    Keesokan harinya flek itu hilang tidak muncul lagi,. Tapi pas tanggal 23 januari setelah pulang mengajar, saat saya buang air kecil, keluar lagi flek disertai gumpalan darah sedikit dan 3 tetesan daerah.

    Besoknya saya kontrol, pas dicek dokter, kata dokter janin nya tidak berkembang dan saya dibilang keguguran.  Oleh karena itu, saya ingin bertanya? Apa yang terjadi dengan saya dinamakan keguguran?  Sedangkan darah yang keluar hanya 3 tetesan di lantai?

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keguguran. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai abortus merupakan pengeluaran hasil konsepsi atau pembuahan dari dalam rahim ibu hamil kurang dari 20 minggu kehamilan.

    Keguguran sendiri terdiri dari beberapa tahapan yaitu:

    1. Abortus iminens atau abortus yang mengancam. Artinya pasien belum keguguran namun sudah sangat beresiko untuk terjadinya keguguran jika kandungan tidak dijaga dengan ekstra ketat baik dengan bed rest maupun dengan obat penguat kandungan. Gejala yang muncul berupa keluar flek – flek atau perdarahan ringan dengan nyeri perut yang ringan. Jika dilihat dari pemeriksaan dalam, mulut rahim masih dalam keadaan tertutup.
    2. Abortus insipiens atau abortus yang baru berlangsung. Gejala berupa keluar darah dari vagina namun jaringan hasil konsepsi belum keluar. Rasa nyeri bertambah namun belum terlalu kuat.
    3. Abortus inkomplit dimana keluar darah disertai sebagian hasil konsepsi. Ditandai dengan terbukanya mulut rahim, dan nyeri perut yang luar biasa hebat.
    4. Abortus komplit dimana jaringan konsepsi telah keluar seluruhnya. Nyeri perut mulai berkurang, mulut rahim juga mulai menutup.

    Pada kasus anda kemungkinan bisa saja karena keguguran. Namun yang lebih memiliki kapasitas untuk menjawab adalah dokter yang menangani anda secara langsung karena beliaulah tentu yang lebih tahu. Untuk memastikan seseorang keguguran atau tidak perlu dilakukan pemeriksaan dalam dan juga pemeriksaan USG.

    Ibu Hamil Harus Tahu Tanda-tanda Keguguran Berikut Ini

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Saya Mengalami Keguguran?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.