• Selamat pagi Dokter.

    Saya aulia,

    Sudah hampir 3 (tiga) tahun yang lalu saya melakukan hubungan yang berisiko dengan perempuan malam dok akan tetapi saya tidak tahu apakah dia positif HIV atau tidak…?

    Selang sehari dari saya melakukan hubungan intim saya panik akan terpapar virus HIV dok Dan Di karenakan saya panik saya hanya merasakan lemas dan pusing (stres) akan positifnya terpapar HIV,

    Dan gejala awal seperti Flu dan yang lain saya tidak timbul dan pernah di tahun yang ke 2(dua) saya sempat mengalami demam tinggi(drop) karena beraktifitas dan demam nya tidak di sertai diare dan gejala – gejala HIV.

    Nah dok sudah hampir tiga tahun berjalan saya baru merasakan gejala nya, yang dari awal saya merasakan panas tinggi selama sehari, diare selama kurang lebih 4 atau 5 hari, mual – mual dan muntah selama kurang lebih 3 atau 4 hari, berat badan turun dari 75 kg turun sampai 70 kg.

    Untuk yang lain seperti luka di alat kelamin, luka di ketiak, luka di leher dan ruam tidak timbul, saya juga merasakan lemah akan tetapi lemahnya itu timbul pada saat saya sedang stres memikirkan terpapar nya HIV.

     

    Sekian dari saya dan saya mohon maaf pertanyaan saya panjang seperti konsultasi atau curhat, dan saya mohon sekali untuk dokter jawaban nya Saya aulia sangat berterimakasih bila dokter  Dina  Tri amalia menjawabnya

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang HIV. Saya dr Dina Tri Amalia akan berusaha menjawabnya.

    HIV atau Human Immunodefiency Virus merupakan virus penyebab terjadinya HIV-AIDS dimana pasien akan mengalami penurunan sistem imun tubuh sehingga mudah terserang banyak penyakit lainnya secara sekaligus. HIV – AIDS terdiri dari beberapa tahapan.

    Awalnya setelah terinfeksi, pasien akan mengalami beberapa keluhan yang ringan yang menyerupai gejala flu biasa seperti demam, badan pegal – pegal, sakit kepala, nyeri otot dan lainnya. Keluhan ini muncul selama beberapa minggu dan kemudian menghilang sendiri.

    Lalu pasien masuk ke dalam fase latin dimana pasien tidak mengalami gejala apapun. Jika pasien HIV positif ini tidak mendapatkan terapi maka dalam beberapa tahun sistem imun nya akan semakin menurun sehingga muncullah banyak gejala penyakit lainnya. Pasien mudah terserang infeksi seperti TBC hingga penyakit kanker.

    Pengobatan HIV adalah dengan terapi anti retro viral (ARV). Jika diberikan pada tahap awal, pengobatan ini sangat baik untuk mengendalikan virus yang bersarang.

    Obat ini memang tidak dapat membunuh semua virus namun obat ini cukup efektif untuk menekan pertumbuhan virus sehingga pasien dapat bertahan hidup dalam jangka lama sekaligus menekan kemungkinan penularan.

    Untuk memastikan apakah kondisi yang anda alami akibat terinfeksi HIV atau bukan perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun  pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan serologi darah. Oleh karena itu ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan nya dan mendapatkan terapi terbaik sesuai kondisi yang anda alami.

    Gejala dan Ciri-ciri Terkena HIV AIDS Tahap Awal Sampai Lanjut

    Bisakah Obat HIV AIDS Menyembuhkan?

    Sekian jawaban dari saya , semoga dapat membantu.

    Terimakasih dok untuk jawabannya

    Satu lagi.

    Saya sudah mengecek / tes darah untuk mengetahui positif HIV atau tidak dan hasilnya pun non reaktif dok

    Brrti saya terbebas dari positif HIV ya dok…?

Beranda Tanya Dokter Apakah Saya Terkena Penyakit HIV

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.