• Latifahtahir

    Dok, saya ingin bertanya. 3 minggu yang lalu saya merasa seperti ada yang menggigit di bokong saya. Awalnya saya garuk. Tapi lama kelamaan saya merasa bokong saya seperti terbakar dan panas sekali.

    Juga kulit di bokong saya mengelupas. Saya juga sempat tidak sadar jika ternyata lukanya menyebar. Apakah saya terkena scabies dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang skabies. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Skabies merupakan penyakit akibat infeksi parasit Sarcoptes scabei. Penyakit ini merupakan penyakit menular, biasa menyerang seluruh anggota keluarga yang tinggal serumah atau berada pada satu lingkungan misalnya di asrama, dan lain sebagainya.

    Gejala skabies berupa muncul bintik – bintik berisi air pada bagian tubuh terutama bagian tubuh dengan kulit tipis seperti telapak tangan, sela jari tangan dan kaki. Kadang juga bisa terdapat di daerah bokong dan bagian tubuh lainnya.

    Pada kasus yang anda alami saya tidak bisa memastikan apakah anda mengalami skabies atau bukan. Karena harus ada minimal 3 dari 4 kriteria yakni: adanya gejala klinis seperti yang disebutkan di atas, adanya rasa gatal pada malam hari, dialami juga oleh anggota keluarga yang tinggal serumah serta ditemukannya parasit ataupun terowongan skabies.

    Untuk memastikan nya perlu pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Oleh karena itu silakan periksakan langsung ke dokter.

    Penyakit  skabies tidak bisa sembuh sendiri melainkan harus diobati hingga tuntas. Cara penggunaan obat skabies pun harus benar agar efektifitas bisa didapatkan dengan baik.

    Penggunaan obat scabimit atau obat yang mengandung permetrin 5 persen merupakan salah satu pengobatan yang paling efektif namun perlu diingat penggunaan krim ini harus digunakan selama 8 hingga 10 jam nonstop. Jika kurang dari itu maka parasit belum hilang sepenuhnya.

    Selain itu perlu diperhatikan juga penyebaran pada anggota keluarga lainnya karena mereka pun harus diobati sekaligus secara bersamaan.

    Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penularan yang terus menerus. Selain itu semua pakaian, seprai, dan handuk yang digunakan sebelum memulai pengobatan harus dicuci bersih dengan menggunakan air panas. Tempat tidur/ kasur, sofa, dan lainnya jemur dengan panas matahari.

    Jika keluhan berlanjut maka sebaiknya anda memeriksakan kembali ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda dan mendapat terapi yang sesuai.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Mengenal Penyakit Scabies (Kudis, Gudik) dan Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Saya Terkena Scabies?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.