• Selamat pagi, Dok. Dalam 2 bulan terakhir ini saya mengalami masalah pada organ vital saya(penis). Awalnya, muncul ruam pada penis saya, tetapi saya tidak melakukan pengobatan dan ruam itu hilang.

    Tetapi, 1 bulan terakhir ruam itu kembali muncul di daerah selangkangan/kaki saya, tidak terlalu banyak namun saya merasakan gatal hampir setiap hari dalam 1 bulan terakhir.

    Akan tetapi, saya tidak mengalami gejala gejala sepilis selain gatal-gatal dan ruam tersebut. Saya khawatir apakah saya terkena sepilis/hiv. Dan apa langkah yang harus saya lakukan. Mohon dibantu jawabannya dok, terima kasih.</p>

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan ruam pada penis. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Begitu pun dengan keluhan lepuh pada kulit di sekitar kemaluan.

    Dalam forum ini kami tidak bisa memastikan penyebab keluhan pasien namun hanya memberikan kemungkinan – kemungkinannya saja. Karena penegakan diagnosis baru bisa dilakukan dengan penggalian informasi secara detail ke pasien, pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang.

    Penyebab keluhan lepuh pada kulit bisa karena beberapa hal antara lain sebagai berikut:

    • Ulkus mole yakni merupakan infeksi kulit akibat bakteri gram negatif Haemophilus ducreyi yang dapat menyebabkan keluhan timbulnya luka atau lepuh pada kemaluan.
    • Ulkus durum merupakan ulkus atau luka/ lepuh pada kemaluan yang terjadi pada penyakit siphilis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Treponema palidum.
    • Herpes genital juga bisa menyebabkan keluhan luka pada kemaluan.
    • Penyebab lainnya

    Hampir semua penyakit ini juga diawali oleh keluhan demam, nyeri sendi dan gejala flu like syndrome lainnya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Saya Terkena Sephilis atau Penyakit Lain

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.