• Dok saya mau nanya , sudah 2 bulan saya enggak dapat , terakhir dapat 19 agustus , selesai haid nya tanggal 27 … nah bulan september & oktober ini saya belum dapat ,

    Karena saking penasaran nya saya pun TP cuman hasilnya negatif , dan juga di sertai gejala gejala hamil , mual , nyidam … karena enggak percaya pun saya USG dan dokter bilang rahim saya masih kosong & di dinding rahim ada flek2 gitu jadi hasil foto USG gak begitu jelas katanya …

    Lalu kemarin tanggal 13 november , ada flek flek coklat yang keluar dok , sampai hari juga masih keluar namun sedikit sekali , tapi hari ke 2 flek yang keluar ini di sertai gumpalan darah hitam kemerahan sedikit saja dok ,

    Jadi apakah ini gejala hamil atau mau menstruasi dok ?

    Trimakasih

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan tanda kehamilan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Penyebab keluhan telat haid sebenarnya sangat banyak, termasuk karena kehamilan. Untuk kehamilan sendiri ada beberapa tanda yang dapat muncul. Tanda – tanda kehamilan ini dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil.

    Tanda mungkin hamil berupa menstruasi yang tidak kunjung datang, perut yang semakin membesar, keluhan mual dan muntah yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif.

    Tanda pasti hamil bisa diketahui dengan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin.

    Pemeriksaan dengan menggunakan tes pack (alat tes kehamilan) sendiri baru bisa menunjukkan hasil akurat jika dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi selanjutnya atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi).

    Tes pack mulai dapat mendeteksi kadar hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) pada kadar 20 mIU.

    Hasil tes kehamilan menunjukkan hasil positif jika terdapat dua garis yang nampak pada alat tes tersebut. Garis kedua yang muncul bisa tampak samar atau bisa juga terlihat jelas. Hal ini tergantung dari konsentrasi hormon hCG yang terkandung dalam urine yang diperiksa.

    Pada kasus anda tidak bisa dipastikan dalam forum ini apakah anda hamil ataukah mens. Yang pasti jika menstruasi biasanya darah yang keluar akan semakin banyak kecuali anda sedang mengalami gangguan hormonal.

    Namun pada dasarnya pemeriksaan USG merupakan alat diagnosis pasti kehamilan. Jika dengan pemeriksaan ini tidak ditemukan kantung kehamilan maka memang artinya anda belum hamil.

    Membaca Hasil Tespek Positif, Negatif, Samar

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Saya Terlambat Haid atau Hamil

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.