• Natasyaabigail

    Selamat pagi dok, saya ingin bertanya apakah saya sudah terjadi abortus apa belum?

    Pada bulan juni saya belum juga datang bulan, sehingga saya membeli test pack dan hasilnya positif. Saya mengasumsikan umur kandungan di bawah 1 bulan sampai dengan 1 bulan sesuai dari tanggal datang bulan.

    Saya membeli paket obat aborsi yaitu cytotec untuk kandungan 1 bulan. Saya mendapat 4 tablet  cytotec, 6 tablet pereda nyeri dan 6 tablet antibiotik.  Saya diberitahu untuk memakan 2 tablet cytotec terlebih dahulu dan ketika sudah keluar darah, minum obat antibiotik dan pereda nyeri. Ketika belum ada pendarahan, baru minum 2 tablet cytotec lagi.

    Hal yang terjadi pada saya, saya minum 2 tablet cytotec dan terjadi pendarahan sedikit, saya langsung minum antibiotik dan obat pereda nyeri. Sehari 3x. Dan setelah 3x minum obat antibiotiknya, pendarahan stop. Saya meminum 2 tablet cytotec lagi, saya diare selama 2 jam dan terjadi pendarahan lebih banyak dari yg sebelumnya tapi masih tidak lebih banyak dari datang bulan biasa dan pendarahan stop dalam waktu semalam. Saya minum obat antibiotiknya tetapi tidak ada pendarahan.  Saya juga tidak merasa adanya gumpalan darah keluar. Apakah saya sudah keguguran? Dan apakah yang harus saya lakukan jika belum keguguran?

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keguguran. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai abortus merupakan pengeluaran hasil konsepsi atau pembuahan dari dalam rahim ibu hamil kurang dari 20 minggu. Keguguran sendiri terdiri dari beberapa tahapan yaitu:

    1. Abortus iminens atau abortus yang mengancam. Artinya pasien belum keguguran namun sudah sangat beresiko untuk terjadinya keguguran jika kandungan tidak dijaga dengan ekstra ketat baik dengan bed rest maupun dengan obat penguat kandungan. Gejala yang muncul berupa keluar flek – flek atau perdarahan ringan dengan nyeri perut yang ringan. Jika dilihat dari pemeriksaan dalam, mulut rahim masih dalam keadaan tertutup.
    2. Abortus insipiens atau abortus yang baru berlangsung. Gejala berupa keluar darah dari vagina namun jaringan hasil konsepsi belum keluar. Rasa nyeri bertambah namun belum terlalu kuat.
    3. Abortus incomplit dimana keluar darah disertai sebagian hasil konsepsi. Ditandai dengan terbukanya mulut rahim, dan nyeri perut yang luar biasa hebat.
    4. Abortus komplit dimana jaringan konsepsi telah keluar seluruhnya. Nyeri perut mulai berkurang, mulut rahim juga mulai menutup.

    Untuk memastikan kondisi anda saat ini perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan dalam maupun dengan pemeriksaan USG.

    Ibu Hamil Harus Tahu Tanda-tanda Keguguran Berikut Ini

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Sudah Terjadi Abortus?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.