• Selamat Malam Dok,

    Saya ingin bertanya Dok,

    Pada Hari Minggu, 8 Oktober 2017 saya melakukan Donor Darah Whole Blood sebanyak 250cc dan saya sudah donor ke 11.

    Setiap usai donor, selama beberapa hari kemudian kepala saya biasa agak pusing. Namun ini sudah hari ke 5 setelah donor, saya masih mengalami pusing. Dan saya hari ini tensi darah 110 62.

    Apakah seusai donor darah trombosit akan turun dok? Dan trombosit akan normal kembali setelah berapa hari ya Dok?

    Apakah saya perlu check tromobosit saya?

    Terima kasih

     

    Lie Meriana

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang donor darah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Donor darah bisa berupa donor whole blood (seluruh komponen darah mulai dari eritrosit, trombosit, leukosit dan lainnya) atau donor komponen darah tertentu saja.

    Untuk mendonor kan darah perlu beberapa syarat yang harus dipenuhi misalnya kadar hemoglobin harus normal, tekanan darah normal, dan lain sebagainya.

    Pada kasus anda dimana dilakukan donor whole blood berarti semua komponen darah anda diberikan dan bukan hanya trombosit saja.

    Pada dasarnya tindakan donor darah memang bisa menurunkan kadar komponen darah dalam tubuh sehingga tidak heran jika syarat untuk donor adalah semua komponen darah harus dalam kondisi normal dan juga kadar hemoglobin harus normal.

    Namun jangan khawatir penurunan ini tidak signifikan sehingga tidak akan mempengaruhi langsung kondisi kesehatan pendonor jika memang syarat – syarat donor terpenuhi.

    Untuk jumlah trombosit sendiri akan pulih kembali 100% dalam waktu 2 x 24 jam. Jumlah eritrosit akan pulih dalam 4-8 minggu.

    Jika saat ini anda masih mengeluh pusing dan lainnya maka silakan periksakan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan tekanan darah anda normal dan memastikan bahwa anda tidak dalam kondisi anemis. Karena kondisi hipotensi dan anemia bisa menyebabkan keluhan pusing dan lainnya.

    Untuk pemeriksaan khusus trombosit tidak harus langsung diperiksa karena seperti saya sampaikan sebelumnya bahwa trombosit akan kembali normal dalam 2 hari sehingga biasanya tidak akan menimbulkan keluhan pada pasien.

    Syarat Donor Darah

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Trombosit Akan Turun Setelah Donor Darah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.