• Assalamualaikum dok, seminggu yang lalu anak saya terjatuh sendiri. Jatuhnya pelan sekali dan saya kira tidak apa-apa. Tapi setelah jatuh anak saya tidak mau jalan, dan kondisi anak masih ceria suka nyanyi dan normal. Katanya kaki kirinya yang sakit di bawah lutut.

    Kondisi kakinya tidak bengkak,tidak biru masih seperti biasa. Karena sudah 1 minggu mau berjalan, saya coba ronsen dan hasilnya kakinya patah tapi tak bergeser tulangnya.

    Cuma yang saya bingung kondisi anak masih seperti biasa, hanya saja tidak mau berjalan. Kakinya pun tidak bengkak, normal, dan masih ceria, karena anak saya memang sedikit manja dan centil.

    Apa yang harus saya lakukan dok? Saya takut kalau anak saya harus dioperasi. Anak saya perempuan umur 3 tahun. Mohon solusinya, terima kasih.

    Wassalamu’alaikum.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com. tentang patah tulang.

    Untuk mengetahui seberapa jauh kondisi anak anda dan apakah perbaikan pasca patah tulang bisa kembali normal atau tidak sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan pemeriksaan mulai dari lokasi patahan, jenis patahan, gangguan pembuluh darah dan persarafan yang terjadi hingga tatalak sana awal yang telah dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

    Patah tulang didefinisikan sebagai terputusnya kontinuitas tulang dengan atau tanpa pergeseran segmen yang patah. Patah tulang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur.

    Ada beberapa tipe fraktur dan dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu antara lain berdasarkan garis patahannya (fraktur simple, fraktur kominutif dan sebagainya), berdasarkan jaringan di sekitarnya (terbagi menjadi fraktur terbuka dan fraktur tertutup), dan klasifikasi fraktur lainnya.

    Penyebab patah tulang sangat beraneka ragam, yang paling sering karena trauma atau benturan benda keras namun bisa juga karena adanya penyakit.

    Alangkah baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani anak anda karena tentu beliau yang lebih tahu sejauh apa kondisi anak anda berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan penunjang yang telah dilakukan.

    Namun pada prinsipnya selama penegakan diagnosis tepat dan penanganan tepat maka kondisi anatomi dan fungsi alat gerak yang patah bisa kembali normal.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kaki Patah Tulang, Dapatkah Menyambung Kembali?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.