• wijaya

    Dokter,

    Saya mau tanya apakah Ardium dapat digunakan juga untuk mengobati Varicocele? Mengingat sama-sama mengobati pelebaran pembuluh darah.

     

    Terima kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang pengobatan ardium untuk varikokel. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena yang berada di dalam skrotum (kantong zakar). Ukuran benjolan bervariasi dan bisa terjadi pada sisi kiri ataupun kanan skrotum. Varikokel umumnya tidak menimbulkan keluhan. Namun pada beberapa penderita ada yang merasakan keluhan rasa tidak nyaman atau bahkan rasa sakit pada bagian kantong zakarnya. Rasa sakit ini biasanya akan meningkat saat pasien berdiri ataupun saat melakukan aktivitas fisik terlalu lama. Rasa sajut ajab berangsur berkurang pada saat pasien berbaring. Pengobatan varikokel adalah dengan tindakan operatif dengan tujuan untuk memperbaiki kelainan anatomis yang terjadi.

    Varikokel tidak bisa diatasi dengan ardium meskipun obat ini berfungsi untuk mengatasi pelebaran pembuluh darah vena. Karena sumber gangguan pada varikokel adalah kelainan anatomis dan bukan kelainan fungsi pembuluh darahnya.

    Untuk penjelasan lebih detail dan penentuan tindakan operatif yang tepat pada kondisi varikokel yang pasien alami sebaiknya konsultasi langsung dengan dokter yang menangani pasien karena tentu beliaulah yang lebih tahu terkait kondisi klinis pasien.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Varikokel : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Ardium : Kegunaan, Dosis, Efek Samping

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Ardium untuk Mengobati Varikokel

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.