• emyr

    Selamat siang dokter. Saya mau bertanya , apakah gejala penyakit Gerd meliputi

    1. Nyeri di bagian dada sebalah kiri dekat payudara bawah atau dekat tulang rusuk
    2. Sulit menelan seperti ada yang mengganjal di tenggorokan
    3. Sesak napas atau napas terasa berat
    4. Batuk dan di sertai pengin muntah
    5. Kadang juga sakit di bagian perut dan kepala
    6. Dada saat di gerakan atau pd saat kita meregangkan badan terasa sakit.

    Itu yang saya rasakan sekarang dokter , dan apakah ada hubungan nya dengan penyakit Gerd karena pada saat saya periksa di puskesmas terdekar dokter bilang saya terkena Gerd akibat stres berat. Mohon bantuan nya dokter , apa yang saya derita sehingga tdk kunjung sembuh juga.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang GERD . Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan nyeri ulu hati sakit, disertai sendawa ataupun gejala lainnya sering disebabkan karena peningkatan asam lambung. Jika keluhan nyeri ulu hati juga disertai dada yang terasa sakit atau terasa panas, sulit menelan, sesak dan laun sebagainya bisa terjadi pada Gastroesofageal Reflux Disease (GERD). GERD bisa dicetuskan karena faktor telat makan, interval makan yang terlalu lama, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, mengandung lemak yang banyak, sakit maag yang dialami sejak lama, makan makanan sekaligus dalam jumlah banyak dan lain sebagainya.

    Keluhan yang anda alami memang nampaknya karena GERD. Jika memang benar karena GERD,  maka selain konsumsi obat – obatan seperti antasid ataupun golongan proton pump inhibitor (seperti omperazol, lansoprazol), ataupun golongan anti histamin (seperti ranitidin, cimetidin, dan lain sebagainya), pasien juga perlu memperhatikan asupan makanan yang dimakannya. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll. Karena peningkatan asam lambung juga bisa dicetuskan karena stress atau faktor psikis, maka salah satu upaya untuk mengendalikannya dengan merilekskan pikiran serta selalu berpikir positif.

    Penyakit GERD : Definisi, Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gejala Asam Lambung atau GERD seperti Apa?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.