• Dok mau tanya, untuk mengatasi jantung yang mudah berdebar saat tensi tinggi itu gimana? apa ada hubungan nya dengan asam lambung naik? makasih sebelum nya

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Jantung berdebar terjadi ketika jantung seseorang terasa berdegup sangat kencang. Pada situasi tertentu, jantung berdebar dapat menjadi tanda penyakit jantung namun bisa juga karena sebab lainnya seperti perasaan atau emosi yang meluap – luap baik perasaan gembira berlebihan, marah berlebihan dan lain sebagainya. Jantung berdebar juga bisa terjadi karena efek samping obat – obatan tertentu misalnya obat untuk asma dan obat gangguan tiroid. Keadaan kekurangan cairan atau dehidrasi juga bisa menyebabkan jantung berdebar.

    Keluhan jantung berdebar  mual – mual sering dialami oleh beberapa individu. Hal ini juga bisa berkaitan dengan gangguan pada lambung (peningkatan asam lambung). Meningkatnya asam lambung ini menyebabkan terjadinya dispepsia. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan ini antara lain dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi dengan makan dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll.

    Namun ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara detail dan ataupun pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis kondisi yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Jantung Berdebar dan Cara Mengatasinya


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Adakah Hubungan Asam Lambung Naik dan Jantung Berdebar?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.