• Saya mau tanya, kemarin saya bab mengedan cukup keras, lalu fesesnya ada darahnya, saya pikir karena mengejan terlalu keras, lalu besok hari akan baik baik saja. Keesokan harinya ketika saya bab lagi, fesesnya masih menyisakan darah, apakah ini bahaya? Bagaimana cara mengatasinya? Apakah berpengaruh pada wanita yang akan menjalani program hamil?, terima kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan keluarnya darah saat buang air besar bisa disebabkan oleh banyak hal, yang paling sering adalah karena ambeien. Ambeien atau disebut juga sebagai hemorhoid memiliki beberapa tahapan gejala yang dimulai dari rasa tak nyaman di dubur hingga keluarnya darah dari anus saat BAB dengan atau tanpa nyeri. Pada tahap lanjut dapat disertai keluarnya benjolan dari dalam anus yang awalnya bisa keluar masuk dengan sendirinya namun lama kelamaan harus dibantu menggunakan tangan. Pada tahap akhir benjolan bahkan tidak bisa dimasukkan kembali.

    Penyebab ambeien bisa beraneka ragam mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, bolak balik BAB saat diare, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko terjadinya ambeien, dan masih banyak lagi. Pengobatan ambeien dibagi menjadi beberapa jenis. Pada tahap awal ambeien (keluar darah dan benjolan yang bisa keluar masuk dengan spontan) maka bisa diberikan obat anti hemorhoid. Namun pada tahap akhir perlu dilakukan tindakan pembedahan. Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter secara langsung di daerah tempat anda tinggal.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Tuntas Mengobati Ambeien (wasir atau Hemoroid)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Apakah ke dokter umum bisa?

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab BAB Berdarah Setelah Mengedan Keras?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.