• Dok, saya ada keluhan ketika BAB sudah hampir seminggu ini, ketika BAB pasti disertai darah merah Segar, namun tidak disertai rasa Sakit, benjolan di sekitar anus, ataupun feses keras.

    Darah keluar bersamaan dengan feses, kadang teksturnya kental, kenapa ya dok, apakah gejala wasir atau bagaimana? Terimakasih dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air besar (BAB) berdarah bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satu penyebab tersering yang mengakibatkan munculnya keluhan ini adalah hemorrhoid atau ambeien. Ambeien atau sering dikenal sebagai wasir terdiri dari beberapa tingkat berdasarkan keparahannya dan hal ini mempengaruhi gejala yang timbul. Pada tahap awal keluhan yang muncul hanya berupa BAB berdarah berwarna merah segar dengan atau tanpa nyeri.  Pada tahap selanjutnya keluhan ini bisa disertai dengan keluhan keluarnya benjolan pada lubang anus yang bisa keluar masuk dari anus secara spontan. Semakin memberat maka akan menyebabkan benjolan tidak bisa masuk dengan spontan melainkan harus dibantu dimasukkan dengan jari.  Pada tahap akhir, benjolan tidak bisa masuk kembali meskipun telah dibantu.

    Penyebab keluhan ini beraneka ragam mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi. Namun untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter di daerah anda agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail. Pengobatan yang diberikan tergantung dari hasil pemeriksaan oleh dokter nantinya.

    Cara Tuntas Mengobati Ambeien (wasir atau Hemoroid)

    BAB Berdarah Tapi Tidak Sakit

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Seperti Apa BAB Berdarah Akibat Wasir?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.