• dok umur saya 17 tahun, 2 minggu ini saya BAB berdarah dok, minggu pertama saya BAB tapi darahnya dulu yang keluar dok, baru fesesnya, tapi pup nya keras di ujung saja dok, setelah ujungnya pup keluar, maka fesesnya akan mudah keluar.

    Saya berobat, lalu saya BAB lagi pup saya tidak keras tapi kok darahnya masih ada ya dok, rasanya sakit pedih dok, darahnya keluar netes warnanya merah segar. bagaimana cara mengobatinya dok,gejala wasirkah ini? apa yg hrs saya lakukan dok? tapi tidak ada tonjolan yg keluar sehabis pup, hanya saja sakit dan pedih dok
    terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air besar disertai darah kerap kali dialami oleh beberapa individu dan penyebabnya bisa karena berbagai hal. Berdasarkan informasi yang anda sampaikan dimana ada riwayat susah saat BAB karena tinja atau feses yang terlalu keras dan juga terlalu besar maka kemungkinan terbesar yang menyebabkan keluhan BAB berdarah berwarna merah segar yang anda alami yakni karena hemorrhoid atau ambeien. Ambeien terdiri dari beberapa tingkatan yakni:

    • Derajat satu dimana keluhan yang muncul baru berupa BAB berdarah berwarna merah segar dengan atau tanpa nyeri.
    • Derajat dua dimana sudah muncul keluhan keluarnya benjolan pada lubang anus yang bisa keluar masuk dengan spontan tanpa bantuan.
    • Derajat tiga dimana benjolan yang keluar dari dalam anus tidak bisa masuk kembali dengan spontan namun harus dibantu dimasukkan dengan tangan.
    • Derajat empat dimana benjolan yang tidak bisa masuk kembali meski dimasukkan dengan bantuan.

    Saat ini kemungkinan besar anda masih berada dalam derajat pertama. Selain dengan pemberian anti hemoroid, anda juga perlu menjaga pola hidup anda sehari – hari untuk mencegah keluarnya darah kembali yakni dengan memperbanyak makan makanan mengandung serat seperti sayur dan buah, perbanyak asupan cairan terutama air putih, hindari posisi duduk terlalu lama saat beraktivitas, dan jangan mengejan terlalu kuat saat BAB. Jika keluhan berlanjut maka silakan berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mendapat pengobatan yang sesuai.

    Cara Tuntas Mengobati Ambeien (wasir atau Hemoroid)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bab Berdarah, Darah Dulu Baru Fesesnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.