• Siang dokter, saya ingin bertanya. Anak saya umur 1 tahun saat ini sedang mengalami mencret selama 2 hari disertai demam. Pada hari kedua bab nya ada darah merah segar beserta lendir baru terjadi sekali ini. Sudah dibawa ke klinik terdekat dan diberi obat panas baby cough sama antibiotik novachlor chloramphenicol palmitat. Apakah kondisi seperti itu berbahaya dok?Apa yang harus saya lakukan untul menyembuhkan anak saya?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air besar disertai darah kerap kali dialami oleh beberapa individu mulai dari anak – anak hingga dewasa dan penyebabnya bisa karena berbagai hal. Penyebab buang air besar (BAB) berdarah bisa karena berbagai hal berikut ini:

    • Infeksi saluran cerna seperti disentri bisa menyebabkan keluhan BAB berdarah. Penyakit ini terjadi akibat infeksi bakteri Shigella disentri. Keluhan yang muncul berupa BAB cair lebih dari 3 kali dalam sehari dan biasanya disertai dengan darah dan lendir. Pasien juga biasanya akan mengalami demam.
    • Hemorrhoid atau ambeien bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah dengan atau tanpa nyeri. Penyebabnya juga beraneka ragam mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, dan masih banyak lagi.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anak anda sebaiknya memang anda berkonsultasi langsung dengan dokter di daerah anda agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anak anda. Begitu pula bahaya atau tidaknya tergantung dari penyebab keluhan.

    Jika memang sudah diperiksakan diri ke dokter sebaiknya obat diminum secara teratur jika memang tidak membaik silakan periksakan ulang ke dokter kondisi kesehatan anak anda. Selain itu anak sebaiknya diberi banyak asupan cairan untuk menghindari terjadinya dehidrasi akibat diare.

    BAB Berdarah, Penyebab dan Obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi BAB Berdarah pada Anak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.