• Maaf dok mau tanya, kemarin saya BAB tapi susah keluar, terus saya mengejang terlalu keras dan alhasil ada noda darah di bagian kotoran tapi tidak menetes dari anus. Dan setelah selesai BAB tiba-tiba ada benjolan yang keluar dari dalam anus dan agak terasa sakit, dan sekarang untuk duduk saja masih terasa sakit. Kira-kira itu kenapa ya dok? Apakah benjolan yang terasa sakit itu bisa masuk dengan sendiri atau harus memakai tangan.? Terima kasih.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gangguan buang air besar sering kali dialami oleh beberapa individu, salah satunya adalah sembelit atau konstipasi. Penyebab keluhan ini bisa terjadi karena banyak hal antara lain karena:

    • Kebiasaan menahan BAB terlalu lama sehingga membuat tinja makin lama dan mengeras di dalam kolon. Hal ini menjadi salah satu penyebab susah BAB.
    • Kurangnya asupan cairan juga dapat membuat tinja makin keras dan susah untuk keluar.
    • Makanan yang kurang mengandung serat menyebabkan tinja makin keras dan peristaltik usus kurang baik.
    • Asupan makan yang kurang
    • Aktivitas fisik sedikit.
    • Kebiasaan minum obat pencahar yang berlebihan malah akan mengganggu peristaltik usus.
    • Penyebab lainnya

    Akibat sembelit maka pasien kadang harus mengejan terlalu kuat sehingga keluar darah saat BAB. Hal ini disebut juga dengan hemorhoid atau ambeien. Pada tahap awal gejala yang muncul berupa keluhan BAB berdarah berwarna merah segar dengan atau tanpa nyeri. Jika keluhan berlanjut maka akan keluar benjolan dari dalam anus yang bisa keluar masuk dengan spontan. Namun jika tidak diobati maka benjolan lama kelamaan harus dimasukkan kembali dengan tangan dan pada tahap akhir bahkan tidak bisa masuk kembali. Silakan konsultasi ulang ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda dan mendapat terapi yang tepat sesuai kondisi anda saat ini.

    Cara Tuntas Mengobati Ambeien (wasir atau Hemoroid)

    Cara Mengatasi Sembelit, Efektif dan Aman


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mengapa BAB Berdarah dan Keluar Benjolan pada Dubur?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.