1. Dok kenapa waktu saya Bab keluar darah, tapi tidak sakit. Setelah saya bersihkan dengan tisuesaya lihat ada sedikit darah. Apa mungkin di bibir anus mengalami luka sehingga mengeluarkan darah tanpa saya sadari? Kotoran pun berwarna normal, tidak lembek atau keras. Apakah bahaya BAB berdarah? Mohon penjelasannya. terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab BAB berdarah sangat banyak sekali dan untuk mengetahui apakah hal tersebut berbahaya atau tidak harus dipastikan terlebih dahulu apa penyebab yang mendasarinya. Penyebab buang air besar (BAB) berdarah bisa karena berbagai hal berikut ini:

    • Hemorrhoid atau ambeien menjadi salah satu penyebab tersering. Gejala yang muncul berupa BAB berdarah berwarna merah dengan atau tanpa nyeri. Jika keluhan berlanjut mkaa akan keluar benjolan dari dalam anus. Faktor pencetus keluhan ini beraneka ragam mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi.
    • Infeksi saluran cerna misalnya karena infeksi shigella disentri bisa menyebabkan keluhan BAB berdarah yang berulang. Biasanya BAB berlangsung lebih dari 3 kali dalam sehari disertai demam dan keluhan lainnya.
    • Buang air besar berdarah juga bisa disebabkan karena adanya tukak atau luka di gaster (lambung) seperti gastritis erosif. Darah yang keluar bersama feses berwarna kehitaman karena darah telah bercampur dengan asam lambung
    • Penyebab lainnya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter di daerah anda agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    BAB Berdarah Tapi Tidak Sakit

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Bahaya Bab Berdarah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.