• Assalamu’alaikum dok.

    Sudah beberapa hari saya enggak BAB,karena saya suka pedas,saya coba pancing sama makanan pedas.

    Semalam,saya makan (pikset: cemilan pedas)agak banyak,pas sepertiga malam saya mau solat malam,kok sakit perut,terus sakitnya tuh lain gitu,terus saya BAB.

    Lalu barusan saya sakit lagi perutnya,tapi sakitnya lebih dari yang awal,kaya mau haid gitu,nyeri bagian perut bawah,lemas,mual,aga pusing juga.Karena sakitnya banget,saya enggak kuat jalan,saya tahan dulu dengan duduk.

    Lalu saya ke toilet,BAB,si tinja nya itu enggak keras,malah kaya air,saya tengok kok berdarah,banyak pula.Setelah saya keluar toilet,saya makin lemas nyeri gitu.

    Nah pertanyaan saya apakah BAB seperti bahaya,dan kalau misalkan bahaya itu masuk ke penyakit apa+cara mengatasinya bagi mana.

    Kalau ada tambahan boleh dijelaskan detail dok.

    Terimakasih.

    Wassalamu’alaikum.

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di forum konsultasi mediskus.com tentang buang air besar berdarah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan buang air besar disertai darah kerap kali dialami oleh beberapa individu dan penyebabnya bisa karena berbagai hal. Sayangnya dalam forum ini anda kurang menjelaskan secara detail mengenai keluhan ini baik warna darah yang keluar, dan lain sebagainya.

    Penyebab buang air besar (BAB) berdarah bisa karena berbagai hal berikut ini:

    • Ambeien atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai hemorrhoid menjadi penyebab tersering. Penyakit ini bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah segar dengan atau tanpa nyeri. Jika berlanjut bisa disertai keluarnya benjolan dari anus.
    • Penyebabnya juga beraneka ragam mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi.
    • Buang air besar berdarah juga bisa disebabkan karena adanya gangguan di gaster (lambung) seperti gastritis erosif. Buang air besar disertai darah akibat luka pada lambung ini menghasilkan warna kehitaman.
    • Hal ini karena darah telah bercampur dengan asam lambung sehingga warna darah yang merah berubah menjadi hitam akibat reaksi dengan asam lambung. Keluhan lain yang menyertai berupa nyeri ulu hati dan lain sebagainya.
    • Infeksi saluran cerna seperti disentri juga bisa menyebabkan BAB berdarah nya. Biasanya BAB berlangsung lebih dari 3 kali dalam sehari dan juga disertai keluhan lain seperti demam dan lain sebagainya.
    • Penyebab lain.

    Bahaya atau tidaknya keluhan yang anda alami tergantung dari penyebab keluhan tersebut. Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter di daerah anda agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    BAB Berdarah Tapi Tidak Sakit

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Berdarah di Sertai Badan Lemas

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.