• Anggita Wiriani

    Halo dokter, saya mau tanya nih dok. Tapi saya akan ceritakan kronologinya terlebih dahulu ya dok, agar lebih jelas.

    Jadi suatu waktu pada malam hari, perut saya terasa tidak enak, seperti ingin buang air besar. Saya menunggu lama sekali untuk buang air besar itu namun tidak keluar2, hingga akhirnya feses itu keluar namun sangat keras.

    Awalnya saya bersabar menunggu hingga feses tsb keluar, karena sudah terlalu lama, akhirnya saya mengedan sangat keras, saya tidak pernah mengedan sekeras itu sebelumnya. Hingga akhirnya feses itu keluar, saya pikir fesesnya besar, namun justru hanya berukuran kecil.

    Karena terlalu keras mengedan, anus saya terasa perih dan panas. Keesokan harinya saya buang air besar, namun saat bab, anus saya terasa perih padahal fesesnya tidak keras. Dan setelah saya lihat, ternyata ada darah di feses itu. Sepertinya darah itu keluar setelah fesesnya.

    Kejadian itu berulang lagi, saya pikir ini mungkin karena saya mengedan terlalu keras sehingga anus saya sedikit robek dan akhirnya mengeluarkan darah. Namun hal itu terulang lagi dok, namun tidak ada rasa sakit. Hanya saja darah itu tetap keluar.

    Kira2 itu kenapa ya dok? Saya sangat khawatir dok. Dan akhir2 ini kepala saya juga sering nyeri, entah itu dibagian kepala belakang, atas, samping, ataupun bagian depan.

    Apakah hal ini berkaitan dengan feses yang berdarah itu dok? Atau sakit kepala itu karena hanya saya terlalu banyak belajar? Karena saya memang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes.

    Mohon dijelaskan ya dok dan bagaimana cara mengatasinya dok? Mohon dijawab ya dokter, terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang susah BAB dan keluar darah saat BAB. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan buang air besar disertai darah kerap kali dialami oleh beberapa individu dan penyebabnya kebanyakan karena hemorrhoid atau ambeien. Penyakit ini bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah dengan atau tanpa nyeri yang biasanya diawali oleh keluhan sulit BAB. Pada tahap awal hemorrhoid hanya berupa keluhan BAB berdarah saja tanpa ada benjolan yang keluar dari anus. Semakin berlanjut maka akan ada keluhan keluarnya benjolan pada lubang anus yang bisa keluar masuk dengan spontan. Jika tidak ditangani dengan baik dan faktor risiko masih berlanjut maka benjolan tidak akan bisa kembali dengan spontan melainkan harus dibantu dengan tangan dan pada tahap akhir benjolan tidak bisa masuk kembali meskipun dibantu.

    Faktor risiko ambeien antara lain karena kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi. Pada kasus yang anda alami kemungkinan terbesar terjadi karena feses yang terlalu keras sehingga membuat anda harus mengejan lebih kuat. Feses yang keras bisa terjadi selain karena kekurangan cairan, juga karena kurangnya asupan serat misalnya dari sayuran dan buah – buahan. Coba anda perhatikan keseimbangan menu makanan anda tiap harinya.

    Pengobatan yang diberikan untuk hemorhoid tahap awal dapat dilakukan dengan pengobatan medikamentosa yakni dengan obat anti hemoroid baik oral (obat minum) maupun yang dimasukkan dalam anus serta bisa diberikan obat antiinflamasi untuk menekan peradangan. Namun untuk hemorhoid tahap lanjut dimana benjolan baru akan masuk kembali dengan bantuan tangan atau bahkan tidak bisa dimasukkan kembali meskipun tanpa bantuan maka pengobatan yang dilakukan haruslah dengan tindakan operatif.

    Untuk keluhan sakit kepala bisa terjadi karena banyak hal mulai dari kelelahan, stress, tekanan darah tidak normal dan lain sebagainya. Ada baiknya anda memeriksakan terlebih dahulu kondisi anda ke dokter agar mendapat pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Mengenal Penyakit Ambeien / Wasir / Hemoroid

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Berdarah Setelah Feses Keras

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.