• Dokter saya ingin bertanya, saya memiliki anak perempuan yang bermasalah dengan BAB sejak umur 9 bulan. Sekarang anak saya umur 2 tahun 3 bulan. Saat umur 9 bulan dokter menyarankan untuk mengeluarkan BAB anak saya dengan cara disedot menggunakan sedotan speed cateter  dibantu dengan cairan inpus nacl yang di masak kondsi air yang dimasukan dalam kondisi tidak terlalu panas sehingga bisa mengurai BAB yg keras.

    Hal tersebut terus saya lakukan hingga saat ini, tetapi belakangan ini terasa di perut sebelah kanan anak saya ada yang keras di dalamnya. Apakah kondisi demikian adalah efek samping karena terus melakukan hal tersebut di atas? Apa langkah yang harus saya lakukan agar BAB anak saya normal?

    Mohon solusi dok. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertama – tama yang harus dipastikan adalah apa yang menjadi penyebab keluhan kesulitan BAB yang anak anda alami, apakah karena ada gangguan pada persarafan yang mengatur kemampuan defekasi (BAB) ataukah karena sebab lainnya misalnya karena:

    1. Kebiasaan menahan BAB terlalu lama sehingga membuat tinja makin lama dan mengeras di dalam kolon.
    2. Kurangnya asupan cairan juga dapat membuat tinja makin keras dan susah untuk keluar.
    3. Makanan yang kurang mengandung serat menyebabkan tinja makin keras dan peristaltik usus kurang baik.
    4. Asupan makan yang kurang
    5. Penyebab lainnya

    Setelah penyebab keluhan tersebut diketahui barulah bisa ditentukan penanganan terbaik bagi kondisi anak anda. Selama penyebab tidak diketahui maka yang bisa dilakukan adalah hanya dengan mengatasi gejala saja seperti yang telah anda lakukan selama ini. Namun ada beberapa upaya yang sebaiknya dilakukan yakni dengan menjaga pola hidup sehari – hari misalnya menjaga asupan makanan anda dengan memperbanyak makanan mengandung serat seperti sayur dan buah – buahan (misal pepaya, dll), perbanyak konsumsi air putih, dan ajari anak untuk tidak menahan BAB. Jika keluhan berlanjut silakan konsultasi ulang ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anak anda dan mendapat terapi yang tepat sesuai kondisi anda saat ini.

    Cara Mengatasi Sembelit, Efektif dan Aman


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi BAB Anak yang Bermasalah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.