• Dok, saya penderita dermatitis seboroik, sebelumnya sudah pernah periksa tetapi tidak berlanjut lantaran biaya. Kemudian saya berlanjut pengobatan mandiri dengan membeli salep di apotek.

    Akan tetapi ruam nya semakin menyebar. Kira-kira adakah cara yang bisa menyembuhkan total sebotoik. Sebotoi saya terdapat di kepala dan sekarang menular alis dan wajah

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan dermatitis seboroik. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Dermatitis seboroik merupakan penyakit autoimun yang tidak bisa disembuhkan namun bisa dikendalikan agar tidak sering kambuh dan meluas.

    Ada beberapa faktor pencetus keluhan ini antara lain stress, kulit yang terlampau kering dan lain sebagainya. Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi dermatitis seboroik adalah dengan memberikan salep atau krim steroid, anti histamin dan lain sebagainya. Penentuan terapi tergantung dari berat ringannya keluhan.

    Oleh karena itu ada baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan terbaik sesuai kondisi klinis anda saat ini.

    Tidak bisa dermatitis seboroik anda tangani sendiri tanpa pengawasan dari dokter. Dermatitis seboroik biasanya ditandai oleh rasa gatal, kulit kering, menebal dan lain sebagainya.

    Sebagai informasi bagi anda, berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab gatal secara umum yaitu antara lain:

    1. Karena xerosis kutis atau kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan keluhan gatal yang sangat mengganggu.
    2. Urtikaria juga menyebabkan gatal yang disertai bentol  – bentol pada kulit akibat reaksi inflamasi (peradangan) pada pembuluh darah kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal misal udara dingin, binatang, dsb.
    3. Miliaria juga bisa menyebabkan keluhan gatal disertai bintik – bintik kecil. Keluhan ini bisa terjadi karena keringat yang berlebihan.
    4. Dermatitis kontak alergi ataupun iritan juga bisa menyebabkan keluhan gatal pada kulit disertai memerah.
    5. Penyebab lainnya

    Kenali Penyebab Gatal Pada Kulit Anda

    Dermatitis Seboroik : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagai Mana Cara Menyembuhkan Dermatitis Seboroik

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.