• Dok, saya Shinta usia 21 tahun. Tinggi saya sekitar 150cm dok, tapi berat badan saya cuma 35 kg. Saya ingin menaikkan berat badan saya dok, karena menurut saya berat saya tidak ideal. Orangtua saya gemuk, adik sayapun tinggi.

    Saya ingin menambah berat badan saya dok, supaya lebih ideal. Pola Makan saya memang tidak teratur, kalo makan juga sedikit dok.

    Bagaimana caranya ya dok supaya saya bisa menambah berat badan 10 kg dalam seminggu? Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kesulitan menggemukkan badan menjadi masalah beberapa individu. Penyebab seseorang sulit untuk gemuk ada beberapa hal antara lain karena faktor keturunan, asupan makan yang kurang dan tidak seimbang dengan banyaknya aktivitas, hingga karena faktor penyakit tertentu misalnya hipertiroid dan lain sebagainya. Sehingga untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Untuk mengetahui apakah berat badan seseorang ideal atau tidak bisa diketahui dengan menggunakan rumus berikut ini: (Tinggi Badan-100) – 10% (Tinggi Badan – 100). Pada kasus anda diketahui  tinggi badan anda 150 cm dan berat 35 kg maka berat badan ideal anda (150 – 100) – 10% (150-100) yakni 45kg. Sepuluh persen plus minus dari 45 kg masih termasuk normal. Sehingga untuk tinggi 150 cm, range berat badan ideal sekitar 40,5 – 49,5 kg. Dengan demikian diketahui bahwa berat badan anda saat ini kurang dari berat badan ideal dan target peningkatan berat badan anda setidaknya ke angka 40,5 kg. Kenaikan berat badan sebaiknya tidak terlalu signifikan. Dalam 1 minggu disarankan 0,5 – 2kg saja. Peningkatan berat badan yang ekstrim dalam waktu singkat malah akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan anda.

    Untuk menaikkan berat badan sebanyak 0,5 – 1 kg perlu dilakukan penambahan kalori sekitar 500 kalori atau lebih. Caranya bisa dilakukan dengan meningkatkan asupan makanan yang dikonsumsi terutama makanan mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat misalnya nasi, jagung, kentang, roti. Contoh makanan yang mengandung telur, ayam, ikan, kacang – kacangan, produk susu. Contoh makanan mengandung lemak seperti kulit ayam, daging, susu, coklat dan sebagainya. Pilihlah jenis makanan yang anda suka jika memang anda tidak selera mengkonsumsi salah satu jenis makanan. Selain itu olahraga juga dapat meningkatkan berat badan anda. Namun pilihlah olahraga yang sesuai seperti jalan, senam, hingga angkat beban untuk membentuk massa otot anda. Hindari olahraga kardio yang berlebihan seperti lari.

    Silakan baca artikel berikut yang terkait dengan keluhan yang anda rasakan:

    Cara Alami Menggemukan Badan Super Cepat

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Menaikkan Badan 10 Kg Selama 1 Minggu?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.