• Ajeng M

    Dok saya ini punya Preauricular Sinus?
    Dan berulang kali saya melakukan pembedahan untuk mengeluarkan isinya yg kadang darah atau nanah.

    Adakah cara untuk menghentikan infeksi tersebut? Karena setiap saya tanya dokter jawaban berbeda ada yg bilang tumor, ada yg bilang infeksi, dan lain”. Dan mereka seringkali memberi jawaban satu”nya harus pembedahan. Dan infeksi ini bisa terjadi kalau saya lagi banyak pikiran, rasanya sakit, kuping tuh kaku gtu. Kadang sampai bengkak besar. Apa itu wajar dok?

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang sinus preaurikular. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Sinus preaurikular atau disebut juga fistula preaurikular merupakan salah satu penyakit kongenital atau kelainan bawaan yang disebabkan oleh kegagalan bersatunya tuberkulum arkus pertama ke tuberkulum – tuberkulum lainnya. Muara fistel ini sering mengeluarkan sekret atau cairan yang berasal dari kelenjar sebasea (kelenjar minyak). Gangguan ini sebenarnya tidak berbahaya tetapi kadang bisa terjadi infeksi pada fistel yang mengakibatkan terjadinya bengkak dan nyeri di lubang tersebut.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi sinus/ fistula preaurikular. Pengobatan pada fistula preaurikular yang terinfeksi adalah dengan pemberian  antibiotik dan juga memberikan kompres hangat pada area tersebut. Pada kasus infeksi yang sering kali berulang maka pilihan terapi lainnya adalah dengan tindakan operasi atau pembedahan.

    Untuk mengetahui terapi apa yang sesuai dengan kondisi anda saat ini maka anda dapat memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail. Pada fistula yang tidak bergejala, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi antara lain dengan menghindari manipulasi pada area fistel serta membersihkan muara fistel dengan alkohol atau cairan antiseptik lainnya secara rutin. Silakan konsultasi secara langsung ke dokter untuk mendapat penjelasan lebih detail.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Mengobati Preauricular Sinus?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.