• Dok saya ingin bertanya, jika masih terdapat lendir hijau atau kuning yang agak bau keluar dari hidung dan mulut apakah bisa dikatakan telah sembuh dari sinusitis?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sinusitis merupakan infeksi pada rongga sinus. Informasi tentang sinusitis sebenarnya sudah banyak dijelaskan dalam forum ini. Sinusitis terbagi menjadi sinusitis akut (gejala muncul kurang dari 4 minggu) dan sinusitis kronik (gejala muncul lebih dari 12 minggu. Keduanya memiliki gejala yang sama. Yang membedakan hanya waktu perjalanan penyakitnya saja. Gejala sinusitis secara umum antara lain sebagai berikut:

    • Nyeri pada area wajah yang terkena (misalnya: dahi, bagian bawah mata, area di antara dua mata,sekitar alis, ataupun area sekitar pipi)
    • Rasa tersumbat pada hidung
    • Keluar sekret/ ingus pada hidung ( sekret bisa berwarna putih hingga kuning kehijauan)
    • Penciuman menurun
    • Gejala lainnya: demam, susah bernafas, lemas, dan sakit gigi.

    Padak kasus yang anda alami dimana keluar lendir hijau dari hidung dan mulut bisa disebabkan oleh sinusitis atau karena sebab lainnya misalnya infeksi pada rongga hidung. Semua gejala di atas akan hilang jika sinusitis mulai menyembuh. Selain itu bisa juga dipastikan apakah rongga sinus sudah bersih dari lendir yang terperangkap atau belum yakni melalui pemeriksaan foto rontgen waters.

    Silakan baca artikel berikut:

    9 Gejala dan Ciri-ciri Sinusitis

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Ciri-Ciri Sinusitis Sembuh?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.