• Bunteng

    <p style=”text-align: left;”>Met malam dok saya Winda saya sedang hamil mudah dan saya sering merasakan sakit perut yang menyakitkan dan saya sering mual dan muntah cara mengatasinya gmn ya dok terimakasih</p>

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang nyeri perut, mual dan muntah saat kehamilan. Saya dr Dina akan berusaha menjawab pertanyaan anda.

    Keluhan nyeri perut, mual – mual dan muntah sering dialami oleh beberapa individu termasuk pada wanita hamil. Nyeri perut, mual dan muntah pada kehamilan sebenarnya termasuk tanda mungkin hamil. Tanda – tanda kehamilan sendiri dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil berupa menstruasi yang tidak kunjung datang, perut yang semakin membesar, keluhan mual dan muntah yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif. Tanda pasti hamil bisa diketahui dengan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin.

    Mual dan muntah selama kehamilan tidak selalu menjadi keluhan yang dirasakan tiap wanita hamil. Ada wanita hamil yang tidak merasakannya sama sekali atau ada juga yang hanya mengeluh mual saja tanpa disertai muntah. Keluhan mual muntah saat kehamilan terjadi karena faktor hormon yang tak stabil di awal kehamilan. Sehingga biasanya keluhan ini kebanyakan terjadi pada trimester pertama kehamilan. Keluhan ini kebanyakan terjadi pada pagi hari namun banyak juga yang mengalami pada sore dan malam hari atau bisa juga tak tentu waktunya. Keluhan mual dan muntah selama kehamilan juga pada beberapa kasus bisa berlangsung memanjang hingga trimester dua atau hingga akhir kehamilan.

    Untuk mengatasi mual dan muntah ada baiknya ibu hamil makan dalam porsi kecil, hindari makanan tinggi lemak dan juga terlalu pedas, beli makanan ringan, dan lain sebagainya. Jika keluhan berlanjut silakan periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

    Silakan baca artikel berikut untuk mengetahui cara mengatasi mual dan muntah selama kehamilan:

    Cara Aman Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Sering Sakit Perut Saat Hamil Muda

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.