• Saya mau tanya dok, papa saya sekarang berumur 59 tahun sudah 2 kali dia dinyatakan dari rumah sakit kalau bapak saya mengalami anemia.

    Beberapa hari yang lalu sebelum masuk rumah sakit dia mengalami muntah darah dan juga BAB nya keluarnya darah setelah dibawa kerumah sakit papa saya transfusi darah 6 kantong karena Hb nya tinggal 3,0 kata pihak rumah sakit normalnya 10 Setelah darah 6 kantong masuk Hb nya di cek lagi ternyata masih rendah jadi harus transfusi darah 2 kantong lagi.

    Jadi pertanyaan saya dok, bagaimana caranya untuk mengatasi anemia bapak saya supaya tidak terjadi lagi karena sudah dua kali hal ini terjadi seperti tahun lalu.

    Demikian saja dok terimakasih.

     

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.tentang mengatasi anemia.

    Anemia adalah keadaan dimana jumlah sel darah merah berada di bawah normal. Ada beberapa hal yang menyebabkan timbulnya kondisi anemia pada bayi antara lain karena :

    • Defisiensi atau kekurangan zat besi akibat pola makan yang buruk.
    • Kehilangan darah akibat infeksi, perdarahan, dan kondisi lain.
    • Gangguan penyerapan usus sehingga zat besi tidak bisa diserap maksimal.

    Pada kasus ayah anda penyebab anemia adalah karena perdarahan. Untuk mengatasi keluhan anemia yang utama adalah mengatasi sumber perdarahan.

    Selama sumber perdarahan masih terjadi maka keadaan anemia tidak akan teratasi. Terapi transfusi merupakan upaya untuk meningkatkan kadar sel darah merah namun selama sumber perdarahan tidak diatasi maka terapi transfusi bisa berlangsung terus menerus.

    Oleh karena itu yang paling penting saat ini adalah mencari tahu apa yang menjadi penyebab keluhan BAB berdarah dan muntah darah yang dialami ayah anda.

    Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang secara langsung oleh dokter untuk memastikan penyebab keluhannya.

    Ciri-ciri dan Gejala Kurang Darah (anemia) dan Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Terjadinya Anemia

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.