• Ahmad romdhoni

    Selamat sore dok..

    Semalam TB kelenjar saya dibagian bawah rahang pecah hingga mengeluarkan darah dan nanah. Tindakan yang saya lakukan hanya mengkompres/membersihkan dengan air hangat dan menutupnya dengan kain kassa.

    Apa tindakan saya benar.? Apa yang harus saya lakukan, soalnya kulit dibagian lubangnya menjadi basah dan berlubang.

    Sebelumnya saya sudah diberi obat oles (GENTAMICIN) oleh dokter spesialis paru, bagaimana cara pemakaiannya, apa aman dilubang luka pecahnya benjolan.?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan limfadenitis TBC. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Limfadenitis tuberkulosis (TBC) atau TBC kelenjar merupakan infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis yang mengenai kelenjar getah bening. Gejala TBC kelenjar antara lain antara lain berupa benjolan pada leher, demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.

    Pengobatan pasien yang baru pertama kali mengalami TBC kelenjar adalah dengan minum obat antituberkulosis selama minimal 6-9 bulan berturut – turut tanpa henti. Jika terjadi kasus putus obat maka perlu dilakukan pengobatan ulang. Untuk orang yang tinggal serumah terutama pada anak perlu diberikan obat TBC antiprofilaksis untuk pencegahan.

    Pada kasus TB kelenjar pecah seperti yang anda alami bisa dibersihkan dengan cairan NaCl 0.9% atau dengan air hangat biasa saja. Kelenjar yang pecah tersebut dapat ditutup dengan kassa kering saja namun jangan terlalu rapat agar lebih cepat mengering. Kassa kering sebaiknya diganti kurang lebih 2-3 kali dalam sehari atau sesuai dengan kebutuhan.

    Silakan konsultasi dengan dokter anda untuk penjelasan lebih detail.

    Ciri-Ciri Penyakit TBC (Tuberkulosis)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengobati TB Kelenjar Pecah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.