• iis istianah

    Hy dok, saya mau tanya. Hari ini 1 minggu saya alergi, muka dah membaik. Tapi kenapa telapak tangan saya muncul kutu2 air ya dok, awalnya sedikit. Aku pikir kutu air biasa, aku rendam pakai air panas + garam. Tapi malah tambah banyak?

    terus sekarang di tangan ada, aku searching di google pakai bawang putih. Yg di tangan tu malah hitam. Tapi yang di telapak tangan nambah terus kutu airnya? ada kemungkinan eksim ga dok? Pengobatannya gimana?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan kutu air. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Yang perlu dipastikan apakah benar apa yang anda alami adalah kutu air atau karena hal lainnya. Sayangnya anda tidak menjelaskan secara detail keluhan apa yang anda alami misalnya apakah berupa rasa gatal, bintik berisi air, bintik merah atau gejala lainnya. Dalam forum ini kami tidak bisa memastikan penyebab keluhan pasien namun hanya memberikan kemungkinan – kemungkinannya saja. Karena penegakan diagnosis baru bisa dilakukan dengan penggalian informasi secara detail ke pasien, pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang.

    Penyebab keluhan bintik yang terasa gatal bisa karena beberapa hal antara lain sebagai berikut:

    • Infeksi jamur merupakan salah satu penyebab keluhan bintik merah dan gatal pada kulit.
    • Infeksi parasit misalnya karena skabies juga dapat memberikan keluhan yang sama. Skabies merupakan penyakit menular. Biasanya terjadi pada orang yang tinggal serumah.
    • Dermatitis alergi misalnya karena bahan pakaian tertentu, bulu binatang dan lain sebagainya bisa menyebabkan keluhan bintik pada kulit yang terasa gatal.
    • Dermatitis venenata akibat toksin serangga, gigitan serangga, air liur serangga dan lain sebagainya bisa menyebabkan keluhan bintik merah yang terasa perih seperti melepuh.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Mengenal Penyakit Ruam Kulit

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Pengobatan Kutu Air di Tangan?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.