• Tangan saya terkena minyak kayu putih, dan tanpa sengaja saya memegang makanan dan menelannya. 10 menit kemudian saya merasakan di perut saya, seperti rasa menthol. Kemudian lambung saya terasa sedikit panas, dan saraf saya terasa kencang, dan nafas saya mulai terasa sesak. Kemudian mata saya berkunang-kunang dan terasa gelap.

    Lalu saya pergi kerumah sakit, dan saya diberi resep obat omeprazole dan molafate sukralfat. Keesokan harinya lambung saya masih terasa sesak dan ada yang mengganjal serta sedikit panas. Kemudian saya minum sedikit madu dan makan jeruk serta bawang putih. Alhasil perut saya agak sedikit lega dan nafas saya berkurang sesaknya. Tetapi tetap masih ada yang mengganjal di perut saya dan terasa panas. Kemudian saya minum susu encer bear brand. Alhasil perut saya hilang sesaknya tapi tangan dan kaki saya terasa dingin.

    Pertanyaan saya, apakah saya keracunan minyak kayu putih tersebut? Bagaimana cara mengobatinya?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebelum menentukan apakah yang anda alami akibat keracunan minyak kayu putih atau bukan harus digali informasi secara detail misalnya tentang seberapa banyak minyak kayu putih yang tertelan dan lain sebagainya. Jika hanya sedikit minyak yang menempel di tangan yang tertelan maka tidak akan menimbulkan efek kesehatan apalagi hingga berkepanjangan. Namun memang harus dipastikan dengan pemeriksaan secara langsung untuk memastikannya.

    Keluhan mual – mual , panas dan nyeri ulu hati dan lain sebagainya bisa juga terjadi akibat peningkatan asam lambung. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya dispepsia antara lain karena faktor telat makan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi dan lain sebagainya. Tertelanya minyak kayu putih juga bisa mencetuskan serangan dispepsia ini.

    Untuk mengatasi minyak kayu putih yang tertelan ada beberapa hal, namun tergantung dari jumlah minyak yang tertelan. Secara umum pengobatan yang diberikan adalah untuk mengatasi gejala misalnya obat anti mual dan lain sebagainya. Jika keluhan berlanjut maka ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Ciri-ciri dan Gejala Alergi Makanan


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tertelan Minyak Kayu Putih, Apa yang Harus Dilakukan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.