• yuliainda

    Selamat siang dok.

    Saya mau nanya.saya telat memberikan imunisasi campak pada anak saya.karena saat jadwal dia imunisasi saya pindah ke Jakarta. dan saat mau di bawa ke dokter buat imunisasi anak saya selalu pilek.

    Dan akhirnya saat usia 12 bulan saat ikut posyandu malah langsung di kasih vaksin MR. sekarang usia anak saya sudah 15 bulan. bolehkah tetap di berikan imunisasi campak yang telat di berikan saat usia 9 bulan?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang terlambat vaksin campak. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Vaksinasi berperan penting untuk mencegah agar tidak terserang bibit penyakit dan mencegah perkembangan mikroorganisme tersebut menjadi lebih parah yang dapat menyebabkan dampak fatal bagi pasien berupa kematian. Salah satu vaksin atau imunisasi wajib adalah imunisasi campak.

    Imunisasi campak diberikan pada usia 9 bulan dan dosis ulangan (second opportunity pada crash programcampak) pada usia 6-59 bulan serta saat SD kelas 1-6. Bagi anak yang terlambat/belum mendapat imunisasi campak: bila saat itu anak berusia 9-12 bulan, berikan kapan pun saat bertemu. Bila anak berusia >1 tahun, berikan MMR.

    Oleh karena itu pada anak anda tidak perlu lagi diberikan vaksin campak mengingat usia anak yang sudah 15 bulan. Silakan memberikan vaksin MMR untuk mengganti vaksin campak yang tak diberikan tersebut.

    Silakan baca artikel berikut:

    Imunisasi Campak : Jadwal, Manfaat, Efek Samping

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bolehkah Imunisasi Campak yang Telat di Berikan Saat Usia 9 Bulan?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.