• Assalamualaikum,,, selamat sore. Saya mau tanya dok, saya ini suka sekali minum kopi/teh, dalam sehari bisa menghabiskan 4-6 cangkir kopi/teh bahkan kadang lebih. Ketika sedang iseng bikin jamu dari kunyit untuk ibu saya dengan cara diparut lalu direbus, saya bikin agak banyak sekalian buat saya.

    Ketika diminum ternyata air rebusan kunyit dicampur gula jawa ternyata enak juga dan saya berpikir untuk megurangi konsumsi kopi/teh dengan menyelinginya pake air rebusan kunyit.

    Tapi dari sumber yg saya ketahui dari USDA, united states department of agricultur, ternyata kunyit memiliki kandungan zat besi dan mangan yang sangat tinggi.

    Tiap 100g nya mengandung zat besi sekitar 55mg dan mangan 19,800mg juga potassium sebesar 2080mg. Karena takut akan kelebihan mineral tersebut saya pertimbangkan dulu untuk mengonsumsinya secara rutin.

    Sebenarnya berapakah banyaknya kunyit yang harus saya konsumsi agar aman bagi tubuh jika rutin dikonsumsi ??  Terimakasih.

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat sore.

    Terima kasih telah  menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kunyit merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan dalam beberapa olahan masakan maupun minuman. Kunyit mengandung berbagai macam zat terutama minyak atsiri dan kurkuminoid. Selain itu kunyit juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, lemak dan gom. Namun meskipun banyak memiliki manfaat, tetap saja kita tidak boleh mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan.

    Sebagai informasi untuk anda, kebutuhan zat besi tergantung kepada jenis kelamin dan umur. Berikut ini adalah kebutuhan zat besi harian:

    • untuk anak berusia  2-6 tahun 4,7 mg/hari,
    • usia 6-12 tahun 7,8 mg/hari,
    • laki-laki 12-16 tahun 12,1 mg/hari,
    • gadis 12-16 tahun 21,4 mg/hari
    • laki-laki dewasa 8,5 mg/hari,
    • wanita dewasa usia subur 18,9 mg/hari,
    • wanita yang telah menopause 6,7 mg/hari,
    • ibu menyusui 8,7 mg/hari.

    Zat besi tidak diperlukan dalam jumlah yang banyak dalam tubuh. Oleh karena itu jika anda mengkonsumsi kunyit dalam jumlah 100 gram misalnya sehari maka konsumsi zat besi anda terlalu banyak dalam sehari. Begitu pula dengan zat – zat lain yang terkandung dalam kunyit. Pada intinya segala sesuatu yang berlebihan tidak baik efeknya untuk tubuh meskipun zat tersebut memiliki manfaat yang besar.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    100 Manfaat Kunyit yang Terbukti Secara Ilmiah

    17 Khasiat Kunyit Asam Bagi Kesehatan dan Kecantikan

    Sekian jawaban dari saya , semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Berapa Jumlah Maksimal Konsumsi Kunyit?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.