• Dok, batas waktu penggunan KB suntik 3 bulan ada gak ?

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Ada beberapa jenis KB yang bisa digunakan untuk melindungi diri anda dari kehamilan antara lain dengan metode hormonal seperti pil KB, KB suntik 3 bulan, KB suntik 1 bulan, dan implan. Sedangkan metode non hormonal yang paling sering adalah dengan IUD atau spiral maupun steril. Untuk pertanyaan anda mengenai batas waktu penggunaan KB suntik 3 bulan maksudnya apa? Apakah yang dimaksud adalah hingga batas kapan KB ini bisa digunakan ataukah anda mnenanyakan batas proteksi KB suntik 3 bulan ini?

    Jika yang dimaksud adalah batas kapan KB ini bisa digunakan maka jawabatannya tergantung individu. Bisa saja KB ini digunakan bertahun – tahun hingga seterusnya jika memang tidak ada keluhan yang berarti. Namun jika yang dimaksud adalah batas waktu penyuntikan ulang adalah kurang lebih 12 minggu dari penyuntikan sebelumnya.

    Seperti halnya alat kontrasepsi lainnya, KB suntik juga bisa mengalami kegagalan bila akseptor KB terlambat menyuntikkan KB sesuai jadwal. Selain itu juga ada waktu terbaik untuk dilakukan penyuntikan. Misalnya saja pada KB suntik 3 bulan sebaiknya dilakukan penyuntikan pada masa menstruasi. Bila KB disuntikkan pada 5 hari pertama periode menstruasi, maka efek perlindungan dari KB tersebut akan langsung efektif melindungi akseptor KB dari kehamilan. Namun jika KB baru disuntikkan di luar periode mens maka perlindungan baru efektif setelah 7 hari.

    Silakan baca artikel berikut:

    KB Suntik : Jenis, Jadwal, Efek Samping

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Batas Waktu Penggunaan Kb Suntik DMPA

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.