• Siang Dokter,, saya punya anak perempuan umur 2 1/2 tahun, tiap hari batuk terus, saya sudah bawa ke dokter anak, tht, dan paru. Saya bahkan punya alat dirumah buat uap, tapi sampai sekarang masih ada batuk.. gimana saran dokter apakah anak saya perlu terapi, apa ada obat yg lebih manjur buat anak saya? Mohon jawabnya ya dokter. Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertama – tama yang harus dicari tahu adalah penyebab batuk tersebut, apakah karena infeksi atau sebab lainnya. Jika batuk berlangsung tiap hari, sebaiknya anda mengamati waktu munculnya batuk apakah pagi siang sore atau malam. Adakah faktor pencetus keluhan atau yang memperingan keluhan misalnya asap rokok, debu, udara dingin, bulu binatang dan lain sebagainya. Penyebab batuk pada anak ada banyak hal mulai dari akibat reaksi alergi, infeksi saluran pernapasan seperti TBC, pneumonia, asma dan lain sebagainya.

    Jika batuk anak anda menghasilkan dahak selama lebih dari 3 minggu maka bisa saja terjadi akibat infeksi pada parenkim paru, yang paling sering adalah akibat tuberkulosis paru karena infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis. Gejala TBC paru antara lain berupa batuk lama lebih dari 3 minggu baik tanpa darah atau pada tahap lanjut dapat muncul keluhan batuk berdarah). Keluhan lain TBC paru yaitu demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anak anda.
    Silakan baca artikel berikut ini:

    Mengatasi Batuk Pada Anak Bayi dan Balita


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Obat Batuk Anak yang Manjur?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.