• Dokter, sudah seminggu saya batuk, dari awal sudah batuk berdahak, tapi di hari ke-6 atau kmarin pada saat pagi bangun tidur saya batuk berdahak dan di dahaknya itu seperti bercampur sedikit merah sedikit sekali 3 kali batuk seperti itu terus batuk selanjutnya dahaknya biasa lagi tidak bercampur darah pada hari itu, kemudian hari selanjutnya atau hari ini saat bangun tidur saya batuk berdahak dan seperti bercampur lagi terus ada seperti setitik merah seperti darah namun sedikit juga, Dan itu terjadi hanya 4-5 kali batuk pada hari itu saja, Tetapi semakin kesini batuknya semakin membaik, batuk selama satu minggu, 2 hari terakhir seperti itu pada pagi setelah bangun tidur, saya berusia 19 tahun,dan saya tidak merokok dok, oh iya ada pileknya juga 2 hari pertama badan agak anget sedikit pusing, sedikit sakit badan,napsu makan tetap, tapi hanya 2 hari pertama seperti itunya setelah hari ke3 mulai membaik dan dihari ke5 tinggal batuk fileknya aja yg belum sembuh.. dan dihari ke6 dan ke7 lah batuk dahak dan sedikit banget bercampur seperti darah terjadi.

    terimaksih sebelumnya dok..

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Batuk merupakan salah satu refleks tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari dalam saluran napas. Batuk bisa berdahak, batuk kering atau batuk berdarah. Dalam dunia kedokteran batuk berdarah disebut juga dengan istilah hemoptoe. Penyebabnya beraneka ragam antara lain karena:

    Refleks batuk yang terlalu kuat juga bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah kapiler di saluran napas sehingga menyebabkan keluar darah saat batuk.
    Infeksi pada parenkim paru, yang paling sering adalah akibat tuberkulosis paru karena infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis. Gejala TBC paru antara lain berupa batuk lama lebih dari 3 minggu baik tanpa darah atau pada tahap lanjut dapat muncul keluhan batuk berdarah). Keluhan lain TBC paru yaitu demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.
    Keganasan paru. Tumor ganas dapat menyebabkan keluhan batuk darah yang bisa disertai keluhan lain berupa sesak napas, penurunan berat badan, dan sebagainya
    Dan lain sebagainya
    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.
    Silakan baca artikel berikut ini:

    Batuk Berdarah, Jangan Anggap Remeh!


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Batuk Berdahak Bercampur Sedikit Darah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.