• Andi Hikmawanti

    <p style=”text-align: left;”>Dok, kenapa ya batuk saya selama 3 minggu ini berdarah dan bercampur sedikit darah kalo pagi hari.</p>
    Trus kalo abis makan bawannya mau dikeluarkan lagi sama BAB jugak.

    Kalo kena kipas angin dan berkendara sekarang ini susah bernafas dan batuk2 trus dok, sementara kalo gak kena angin jarang batuk. Kenapa ya dok? Mohon di jawab dok, terimakasih

     

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan batuk berdarah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Ada beberapa penyebab keluhan batuk berdarah yaitu antara lain karena:

    • Pecahnya pembuluh darah kapiler di bagian tenggorokan akibat batuk yang terlalu kuat.
    • Penyakit infeksi pada parenkim paru akibat bakteri Mycobacterium tuberkulosis atau disebut juga dengan Tuberkulosis paru bisa menyebabkan keluhan batuk berdarah. Biasanya diawali oleh keluhan batuk lama, demam lama, penurunan berat badan dan lain sebagainya.
    • Bronkhitis paru atau infeksi pada bagian bronkhus paru juga bisa menjadi penyebab keluhan batuk darah.
    • Pneumonia juga termasuk penyakit infeksi paru penyebab keluhan batuk berdarah. Biasanya disertai keluhan demam tinggi dan juga bisa disertai keluhan lainnya seperti sesak, batuk dan sebagainya.
    • Kanker paru juga bisa menjadi penyebab keluhan batuk darah.
    • Dan lain sebagainya

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan  anda.

    Batuk Dahak Berdarah? Ini Penyebab dan Solusinya


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Batuk Berdahak dan Bercampur Sedikit Darah Selama 3 Minggu

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.