• Amell Oktavian

    Selamat malam dok, 3 minggu yang lalu saya terkena radang amandel yang menyebabkan sakit saat menelan,batuk dan munculnya benjolan/bengkak di bagian leher/pangkal tenggorokan sebelah kanan dan kiri,akhirnya saya berobat kerumah sakit dan diberi antibiotik dan dokternya bilang kalau amandelnya kempes pasti pembengkakan dileher akan hilang juga.seminggu kemudian, amandel saya kempes dan batuk juga sedikit menghilang.

    tapi 3hari setelahnya saya berkumpul ditempat teman saya yang memang kebanyakan mereka merokok,lalu saya merasakan tenggorokan sakit,kepala pusing dan dada saya terasa nyeri kadang sesak dan akhirnya saya batuk-batuk yang sebelum saya terkena amandel saya batuk-batuk juga seminggu tidak sembuh-sembuh,tapi sekarang batuknya itu berdahak kehijauan dan kental,pilek,disertai sakit dada saya saat batuk dan terasa sesak sampai sekarang,dan benjolan di leher/pembengkakan tidak kunjung hilang dok padahal amandelnya sudah kempes.

    Apakah berbahaya dok batuk-batuk yang saya rasakan saat ini dan benjolan/bengkak dileher saya ini?Terimakasih dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan batuk. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Batuk merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh hampir semua orang. Batuk bisa mengeluarkan dahak ataupun batuk kering. Penyebab keluhan ini antara lain karena:

    1. Iritasi pada saluran napas. Beberapa kondisi yang mencetuskan keadaan ini antara lain karena alergi, asap rokok, debu dll.
    2. Infeksi saluran napas atas merupakan salah satu keadaan yang menyebabkan keluhan batuk. Biasanya disertai keluhan nyeri menelan, dan lain sebagainya.
    3. Infeksi saluran napas bagian bawah seperti bronkhitis, Tuberkulosis paru merupakan salah satu penyebab batuk.
    4. Dan lain sebagainya

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Benjolan di leher kemungkinan terjadi karena kelenjar getah bening yang membengkak. Hal ini terjadi karena proses infeksi yang masih berlangsung. Untuk menghilangkan keluhan benjolan ini maka sumber infeksi harus ditangani hingga tuntas. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda. Oleh karena itu segera periksakan ulang kondisi kesehatan anda ke dokter.

    Batuk Pada Bayi – Penyebab dan Cara Mengatasi


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Berbahayakah Batuk dan Radang Amandel?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.