• Dok saya mau tanya, anak kedua saya berumur 11 bulan. Sudah hampir seminggu batuknya ngoggrok (seperti batuk orang dewasa) dikarenakan tertular dengan anak pertama saya. Anak kedua saya metabolisme tubuhnya tidak seperti anak pertama saya, jadi apabila ada orang sekitar yang batuk atau pilek cepat sekali tertular.

    Sudah saya berikan hizterine 0.25ml tiap malam tetapi belum reda juga batuknya. Batuknya memang tidak sering tetapi nada batuknya itu yang seperti menarik napas dari dalam dan ada dahaknya. Saat malam hari pun dia tertidur pulas seperti biasa.

    Dua bulan lalu dia pernah mengalami batuk seperti itu dan dokter menyarankan untuk di uap 4x seminggu untuk mengeluarkan dahaknya. Apakah perlu untuk di uap lagi dok? Apakah akan menjadi ketergantungan apabila diuap lagi? Padahal dia sudah di vaksin influenza sebelum dia batuk atau pilek. Apakah perlu obat atau vitamin lagi selain hizterine?

    Mohon penjelesannya, terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan batuk merupakan salah satu keluhan yang banyak terjadi dan bisa dialami siapa saja mulai dari muda hingga tua. Keluhan ini terutama sering terjadi pada bayi dan anak – anak karena daya tahan tubuh mereka yang belum berkembang sempurna sehingga mudah tertular dari lingkungan sekitar yang mengalami keluhan ini. Keluhan batuk pada bayi seperti yang dialami anak terjadi akibat adanya infeksi pada saluran napas bagian. Lokasi terjadinya bisa pada saluran napas atas atau bawah. Penyebab infeksi juga bisa karena bakteri, virus, atau mikroorganisme lainnya. Infeksi pada saluran napas bawah biasanya akan lebih berat daripada infeksi saluran napas atas. Sehingga biasanya butuh pengobatan yang lebih lama.

    Ada baiknya memang dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada anak anda baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda. Untuk mengetahui perlu tidaknya penguapan berdasarkan hasil pemeriksaan fisik nantinya.

    Sebagai informasi untuk anda tiap orang yang mendapatkan vaksin influenza tetap berisiko mengalami batuk pilek karena penyebab batuk pilek bukan hanya karena virus influenza saja namun bisa karena virus lainnya atau mikroorganisme lainnya misalnya bakteri.

    Bayi Batuk Pilek, Harus Bagaimana?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Akan Ketergantungan Jika Anak Sering Diuap?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.