• Halo dok, selamat malam. Saya mau tanya. Sebelumnya sudah lebih dari 2 minggu lalu saya batuk tetapi setelah itu sembuh. Tapi saat saya masuk kantor tiba-tiba batuk saya muncul kembali dan hidung tersumbat parah seperti flu, setelah saya periksa ternyata saya terkena sinusitis. Saya pernah baca jika memang kena sinusitis efeknya ada batuk/ radang. Sudah ke dokter THT diberi obat sinusitis dan radang, dan sekarang sinusitis saya sudah sembuh. Tetapi batuknya kok masih ada ya dok? Dengan lendir dahak yang kental terkadang warna putih abu-abu kadang kuning kehijauan. Apa ini karena sinusitis yah dok? Atau memang batuk saya bukan batuk yang biasa?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Batuk sebenarnya merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam saluran napas. Batuk bisa terjadi karena hal normal atau karena penyakit tertentu yang mendasarinya. Keluhan batuk dapat dialami karena beberapa penyebab antara lain karena:

    • Iritasi pada saluran napas. Beberapa kondisi yang menyebabkan antara lain karena alergi, rokok, asap di tempat kerja dll.
    • Infeksi saluran napas atas, baik disebabkan oleh bakteri maupun virus bisa menyebabkan keluhan batuk berdahak. Namun jika penyebabnya karena bakteri biasanya sputum atau dahak yang dikeluarkan akan mengalami perubahan warna menjadi kehijauan.
    • Infeksi pada parenkim paru, yang paling sering adalah akibat tuberkulosis paru karena infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis. Gejala TBC paru antara lain berupa batuk lama lebih dari 3 minggu baik tanpa darah atau pada tahap lanjut dapat muncul keluhan batuk berdarah). Keluhan lain TBC paru yaitu demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.
    • Penyebab lainnya

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Batuk Berdahak : Penyebab, Gejala, Pengobatan


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Batuk Tak Kunjung Sembuh dan Lendir Dahak Kental?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.