• Pagi dok. Saya berumur 23 tahun.
    Saya mengalami batuk-batuk kurang lebih sudah 1 atau 2 tahun lamanya. Awalnya batuk batuk biasa, hanya saja batuknya akan semakin menjadi-jadi bila terkena angin saat berkendara, saat dingin, dan ditempat yang berdebu. Saya pikir batuk ini hanya alergi saja.

    Tapi, akhir-akhir ini batuknya semakin parah dan mengganggu aktivitas saya. Batuknya kadang-kadang disertai dahak warna putih.Dulu saya biasa melakukan aktivitas berat seperti hiking, bermain bola atau kerja yang membutuhkan tenaga gitu, tapi sekarang tidak bisa lagi.

    Karena Semenjak batuk ini semakin parah, saya jadi gampang lelah, kalau sudah lelah maka kepala saya akan terasa sakit di bagian belakang, penglihatan saya jadi buram sebelah, nafas saya jadi pendek ( terkadang menyesak dan bikin sakit di dada saat narik nafas). Padahal saya tidak pernah merokok seumur hidup saya.

    Menurut Dokter apa yang sedang saya alami? Mohon analisa dan sarannya dok. Terimakasih sebelumnya.

     

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Batuk merupakan salah satu keluhan yang sering dialami tiap orang baik pria maupun wanita, dari bayi hingga lanjut usia. Penyebab keluhan ini sangat beraneka ragam sehingga sebenarnya perlu digali secara lebih detail mengenaik karakteristik batuk, dahak yang dikeluarkan hingga gejala lain yang menyertainya. Secara umum ada beberapa kemungkinan penyebab batuk lama seperti yang anda alami antara lain karena:

    1. Iritasi pada saluran napas. Beberapa kondisi yang menyebabkan antara lain karena batuk yang terlalu sering dan lama, baik karena alergi, rokok, asap di tempat kerja dll.
    2. Infeksi pada parenkim paru, yang paling sering adalah akibat tuberkulosis paru karena infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis. Gejala TBC paru antara lain berupa batuk lama lebih dari 3 minggu baik tanpa darah atau pada tahap lanjut dapat muncul keluhan batuk berdarah). Keluhan lain TBC paru yaitu demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.
    3. Keganasan paru. Tumor ganas dapat menyebabkan keluhan batuk yang bisa disertai keluhan lain berupa sesak napas, penurunan berat badan, dan sebagainya
    4. Dan lain sebagainya

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Ciri-Ciri Penyakit TBC (Tuberkulosis)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Batuk yang Mengganggu Aktivitas

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.