• Galuhajeng

    Dok saya galuh, umur saya 21 tahun. Ingin bertanya saya mengalami bau mulut padahal sudah sikat gigi dan terkadang disela-sela gusi berdarah,bagaimana cara mengatasinya? trimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bau mulut dan gusi berdarah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Bau tak sedap di mulut pasti akan menimbulkan gangguan kepercayaan diri bagi individu yang mengalaminya dan rasa tak nyaman terutama bagi lawan bicaranya. Keluhan bau mulut biasanya terkait oleh karena kebersihan mulut yang kurang terjaga. Ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter gigi untuk memastikan penyebabnya dengan dilakukan pemeriksaan secara detail pada organ di rongga mulut anda.

    Bau mulut bisa disebabkan karena:

    • Gigi yang berlubang atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai karies dentis. Lubang pada gigi ini menjadi sumber bau akibat proses pembusukan yang dilakukan oleh bakteri, lubang gigi yang terbuka, sisa kotoran yang menumpuk pada area tersebut. Ada beberapa tahapan karies, mulai dari lubang yang hanya terdapat pada lapisan luar gigi hingga ikut sertanya jaringan saraf yang menyokong gigi. Keluhan gigi berlubang biasanya terjadi karena kebersihan rongga mulut yang tak terjaga misalnya menumpuknya plak pada gigi akibat tidak rutin menggosok gigi, dan lain sebagainya. Gigi yang berlubang juga memudahkan kuman masuk ke dalam bagian – bagian gigi dan gusi sehingga menimbulkan infeksi pada gusi.
    • Adanya plak yang menempel pada gigi baik karena bekas makanan, minuman, rokok dan lainnya menjadi sumber penyebab bau.
    • Adanya gangguan pada organ dalam misalnya gangguan lambung (dispepsia), konstipasi (sembelit), gangguan di ginjal dan masih banyak lagi.

    Gusi berdarah bisa terjadi karena banyak hal mulai dari adanya infeksi pada gusi, adanya karang gigi yang tajam dan melukai gusi, adanya lubang pada gigi, dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan yang anda alami ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter gigi.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Tuntas Mengatasi Bau Mulut

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bau Mulut dan Terkadang Gusi Berdarah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.