• Malam dok

    Anak saya USIA 7 bulan 5 hari. Sudah MPASI dengan menu pagi sore tepung gasol campur asi, (terkadang bubur bayi instan namun jarang), siangnya pure buah (lebih sering pisang dan terkadang pepaya).

    Masih minum ASI sehari 4-5 botol. Sudah 3 hari BAB sehari 3 sampai 4 Kali, Dan hari inii sudah 6 Kali. Terkadang fesesnya berwarna kuning lembek Dan Ada seperti lendir. Terakhir BAB sore ini berwarna hijau tua Dan Ada sisa seperti cairan yg merembes ke diapersnya..

    Pertanyaannya apakah berbahaya dok? Menu MPASI yang sebaiknya diberikan bagaimana ya dok?

    Terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bayi merupakan anak dengan usia 1 bulan hingga 1 tahun. Tiap bayi memiliki pola buang air besar (BAB) yang berbeda. Namun menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia  frekuensi BAB normal pada bayi dengan usia 6 hingga 12 bulan berlangsung sekitar 2- 4 kali dalam sehari. Pada bayi baru lahir (0-1 bulan) frekuensi BAB bisa berlangsung 4- 10 kali dalam sehari dan hal ini masih dianggap normal dan bukan termasuk diare. Ada beberapa hal yang mempengaruhi frekuensi buang air besar pada bayi antara lain ASI atau susu formula yang dikonsumi, makanan tambahan pendamping ASI, pola makan dan minum, aktivitas, dan juga kecepatan tubuh bayi untuk mencerna makanan yang masuk. Adanya perubahan pada salah satu faktor tersebut maka gangguan pada buang air besar bisa saja terjadi.

    Untuk keluhan warna feses yang berubah menjadi berwarna kehijauan yang dialami oleh beberapa bayi bisa disebabkan karena hal – hal berikut ini yaitu:

    • Akibat infeksi saluran cerna. Penyakit ini umumnya memiliki keluhan berupa diare, warna tinja bisa berubah menjadi kehijauan, berlendir, bayi bisa mengalami demam, dan lain sebagainya. Jika diare belum ada tanda dehidrasi maka bayi umumnya tidak rewel dan masih maun minum. Namun jika telah terjadi dehidrasi maka bayi kadang rewel atau malah lemas tak mau bergerak, bayi bisa menjadi haus sekali dan banyak minum atau malah tidak mau minum sama sekali dan lain sebagainya. Infeksi bisa disebabkan bakteri ataupun mikrorganisme lainnya.
    • Ibu menyusui makan makanan yang berwarna hijau dalam jumlah banyak bisa menjadi penyebab feses bayi menjadi hijau. Umumnya warna hijau relatif lebih terang.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya bawa anak anda agar bisa diperiksa secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis penyakit yang dialami.

    Silakan baca artikel berikut:

    BAB Bayi Berwarna Hijau? Ini Penyebab dan Solusinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bayi 7 Bulan BAB 6x Sehari dan Berwarna Hijau Tua

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.