• Siang dok…

    Saya mau tanya…bayi saya berumur 5 bulan.. sudah beberapa minggu ini intensitas bab bayi saya berubah, yang awal nya 3 hari sekali  (feses nya padat dan berwarna kuning cerah) berubah menjadi 4-5 kali dalam sehari, kadang pernah sampai 6 kali… Bentuk dan warna nya pun berbeda, feses nya berwarna hijau,berlendir,kadang berbentuk seperti biji cabe…

    Bayi saya asi dan sufor dok (lebih bayak pemberian sufor dari pada asi).

    Apakah masih termasuk normal dok,atau sudah masuk kategori diare??? Dia gak demam, gak lesu masih biasa biasa saja, hanya berat badan nya gak naik,, umur 4 bulan kemarin ditimbang 7,4 dan sekarang sama…

    Mohon solusi nya dok..

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bayi atau anak berusia 1 bulan hingga 1 tahun memiliki pola buang air besar (BAB) yang berbeda. Namun menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia  frekuensi BAB normal pada bayi dengan usia 6 hingga 12 bulan berlangsung sekitar 2- 4 kali dalam sehari. Pada bayi baru lahir frekuensi BAB bisa berlangsung 4- 10 kali dalam sehari dan hal ini masih dianggap normal dan bukan termasuk diare.  Ada beberapa hal yang mempengaruhi frekuensi buang air besar pada bayi antara lain ASI atau susu formula yang dikonsumi, makanan tambahan pendamping ASI, pola makan dan minum, aktivitas, dan juga kecepatan tubuh bayi untuk mencerna makanan yang masuk. Adanya perubahan pada salah satu faktor tersebut maka gangguan pada buang air besar bisa saja terjadi.

    Untuk keluhan tinja yang berwarna kehijauan bisa disebabkan karena hal normal atau karena masalah tertentu pada bayi. Berikut adalah beberapa penyebab keluhan BAB hijau yakni:

    • Akibat infeksi saluran cerna. Penyakit ini umumnya memiliki keluhan berupa diare, warna tinja bisa berubah menjadi kehijauan, berlendir, bayi bisa mengalami demam, dan lain sebagainya.
    • Kurangnya asupan lemak pada bayi juga bisa menyebabkan keluhan BAB berwarna hijau.
    • Bayi yang diberi makan selain ASI misalnya dengan susu formula dapat menyebabkan perubahan warna pada feses bayi sehingga berubah dari kuning menjadi berwarna kehijauan. Hal ini termasuk normal.
    • Ibu menyusui banyak mengkonsumsi makanan yang berwarna hijau bisa menjadi penyebab feses bayi menjadi hijau. Umumnya warna hijau relatif lebih terang.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anak anda silakan periksakan langsung ke dokter.

    Silakan baca artikel berikut:

    BAB Bayi Berwarna Hijau? Ini Penyebab dan Solusinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bayi Mencret 4-5 Kali Sehari Normal atau Tidak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.