• Dear Dokter,

    Anak saya baru berumur 2 bulan 5 hari, sudah sejak 4 hari ini kenapa ya muntah terus? Anak saya asi esklusif. Dalam sehari bisa muntah sampai 4 x. Setiap habis minum saya sendawakan atau kepala anak diposisikan lebih tinggi dari badannya pada saat menggendong.

    Kadang muntahnya suka datang bukan hanya setelah minum susu/nyusu tetapi bisa sekitar 30 menit kemudian baru muntah. Muntahnya banyak dan kadang menyembur. Di usia 1,5 bulan lalu juga pernah seperti ini, tapi dalam sehari maksimal hanya 2 x muntahnya, lalu hilang sendiri kebiasaan muntahnya. Semenjak suka muntah, kenaikan berat badan tidak seperti dari baru lahir ke 1 bulan (bisa sampai > 1 kg).

    Anak saya Lahir di week 38,berat badan lahir 2.190 gr, 1 bulan 3.200 gr, 2 bulan 3.900 gr. Mohon sarannya apa yang harus saya lakukan secara medis. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan muntah memang sering sekali dialami oleh beberapa individu mulai dari bayi, anak – anak hingga orang dewasa. Keluhan ini umumnya sangat mengganggu, apalagi jika terjadi pada bayi. Pada bayi ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain sebagai berikut:

    1. Gastroenteritis atau infeksi pada saluran cerna. Penyebab infeksi bisa karena bakteri, virus, parasit ataupun mikroorganisme lainnya. Keluhan yang muncul selain mual dan muntah umumnya juga disertai adanya diare.
    2. Alergi ataupun iritasi terhadap makanan. Berhubung bayi 2 bulan masih ASI, maka alergi bisa saja akibat makanan yang dikonsumsi ibunya dan masuk dalam ASI. Beberapa makanan cenderung menyebabkan terjadi alergi ataupun iritasi makanan dengan keluhan berupa mual, muntah dan sakit perut. Makanan yang sering menimbulkan alergi antara lain terlur, susu, kedelai, ikan dan lain sebagainya.
    3. Minum ASI terlalu banyak juga bisa menyebabkan keluhan muntah. Karena ASI menumpuk dalam saluran cerna dan belum langsung diserap sepenuhnya. Oleh karena itu setelah memberi ASI, jangan langsung baringkan anak. Gendong dengan posisi vertikal (kepala di atas) agar ASI dapat segera masuk dalam saluran cerna. Hal ini dapat mengurangi risiko muntah.
    4. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan bayi anda maka bisa dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter, khususnya dokter spesialis anak.

    Atasi Penyebab Bayi Sering Muntah Sebelum Bertambah Parah

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Bayi Muntah Sehari 3 – 4 Kali?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.