• Dok, anak saya umur 50 hari jenis kelamin laki laki. Cuaca di sekitat rumah saya cukup dingin karena sedang kemarau dan angin cukup kencang, anak saya meminum asi. Frekuensi pipisnya sangat sering hampir 5 menit sekali. Apakah itu normal? dan apakah kekentalan asi berpengaruh terhadap anak saya yang sering pipis? Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering kencing bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sebab ringan atau karena penyakit tertentu. Keluhan ini bisa terjadi pada siapa saja mulai dari bayi hingga lansia, pria maupun wanita. Pada bayi sebenarnya cukup wajar jika ia sering kencing asalkan tidak ada keluhan lain yang menyertai seperti demam, kolik di perut, bayi gelisah, rewel dan lain sebagainya. Buang air kecil (BAK) menjadi salah satu indikator yang menunjukkan kecukupan cairan bagi bayi. Pola BAK setiap bayi berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh seberapa sering dan banyak bayi minum atau makan. Kekentalan ASI bisa juga mempengaruhi frekuensi BAK. ASI yang kental artinya memiliki kadar cairan yang lebih sedikit dibanding ASI yang encer.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain:

    • Konsumsi cairan dalam jumlah banyak.
    • Suhu udara yang terlalu dingin, misal udara malam hari, hujan, AC, dsb.
    • Infeksi saluran kemih. Namun biasanya disertai keluhan demam, nyeri perut, dan lain sebagainya.
    • Dan lain sebagainya.

    Oleh karena itu selama tidak ada keluhan dari bayi seperti yang saya jelaskan di atas maka anda tak perlu terlalu cemas.

    Penyebab Bayi Menangis dan Rewel Beserta Solusinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Bayi Sering Pipis?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.