• DanielMarwan

    Dok,, anak saya 10 bulan 13 hari,, 2 hari ini pipisnya sering sekali (bisa 3-4x sejam) dan volume nya sedikit tiap kali pipis. Kemarin 12 oktober hari pertama kejadian anaknya sempat rewel, kemarin langsung saya bawa ke pijat bayi dan dipijat,, habis itu malamnya pas tidur sudah normal pipisnya banyak dan tidak sering.

    Tapi hari ini kembali pipis sering dan sedikit lagi bahkan bisa 3x dalam 30 menit. Anak saya memang banyak minum air putih  juga dok… tapi sebelum-sebelumnya tidak seperti ini pola pipisnya…

    Kemudian 1 lagi bahwa 3hari berturut-turut sebelum kejadian, anak saya minum obat panas yang ada antibiotiknya. Pikir saya apakah ini efek samping dari antibiotik yg diminum 3 hari berturut-turut sebelumnya itu ?? Mohon jawabannya dok… Terimakasih sebelumnya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan sering kencing. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan sering kencing bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sebab ringan atau karena penyakit tertentu. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain:

    • Konsumsi air berlebihan. Jika kita banyak minum tentu saja akan menyebabkan sering kencing dan ini merupakan respon normal.
    • Suhu udara yang terlalu dingin, misal udara malam hari, hujan, AC, dsb.
    • Infeksi saluran kemih. Keluhan kencing berulang sering merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Namun biasanya disertai keluhan tidak puas sehabis kencing atau terasa anyang – anyangan, kadang juga disertai nyeri supra pubik ( bagian perut di atas kemaluan), demam, dan lain sebagainya.
    • Konsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Garam bersifat menarik air sehingga tak heran semakin banyak konsumsi garam maka akan semakin banyak air kemih yang dikeluarkan.
    • Dan lain sebagainya.

    Obat – obatan tertentu memang ada yang berefek menyebabkan keluhan sering kencing namun bukanlah antibiotik maupun obat penurun panas. Untuk memastikan penyebab anak anda silakan periksakan langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bayi Sering Pipis Apakah Karena Dampak Antibiotik?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.