• Selamat siang dok, saya berumur 14 tahun dan belum mengalami menstruasi pertama, padahal saya setiap hari mengalami yang namanya keputihan tetapi tidak ada tanda-tanda menstruasi dok.

    Saya mengalami keputihan mulai umur 13 tahun awal tapi tidak mengeluarkan darah menstruasi. Sebelumnya saya belum pernah konsul ke rumah sakit karena memang menstruasi pertama pada remaja bisa telat datang hingga umur 16 tahun. Tapi karena saya takut terjadi apa-apa makanya saya tanya dokter.

    Dan ya saya sudah mengalami perubahan fisik seperti payudara membesar, sudah mulai tumbuh bulu di kemaluan & ketiak, serta keputihan tetapi saya belum juga menstruasi dok, apa ini terjadi karena kurang vitamin atau bagaimana dok ? Mohon penjelasannya, terima kasih.

     

    TERIMA KASIH

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Amenorea atau kondisi dimana haid tidak kunjung datang dibagi menjadi 2 jenis yakni amenorea primer dan sekunder. Amenorea primer merupakan kondisi dimana seseorang belum pernah haid untuk pertama kalinya meskipun sudah masuk ataupun melewati masa pubertas. Sedangkan amenorea sekunder merupakan kondisi dimana seseorang tidak haid selama lebih dari 3 bulan. Kasus yang anda alami termasuk dalam amenorea primer. Alasan perbedaan usia pertama kalinya seseorang mengalami menstruasi untuk yang pertama kalinya (menarche) berbeda – beda misalnya saja karena:

    1. Faktor genetik. Usia ibu atau kakak perempuan pasien saat mengalami menarche juga biasanya lebih lambat misalnya baru mens di usia 17 tahun.
    2. Stress bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal.
    3. Berat badan yang sangat rendah, misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.
    4. Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens
    5. Penyebab lainnya

    Pada kasus yang anda alami sebenarnya masih terbilang normal karena banyak juga wanita lainnya yang mengalami haid baru pada usia di atas 14 tahun. Oleh karena itu saran saya tak perlu terlalu panik karena stress yang berlebihan juga malah bisa menyebabkan mens tidak kunjung datang. Jaga asupan makan anda sehari – hari dengan makan makanan yang bergizi serta olahraga rutin untuk memperbaiki metabolisme tubuh anda.

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Umur 14 Tahun Belum Menstruasi Pertama?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.